Implementasi strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) dalam pembelajaran PAI: Studi Analisis di MTs Tarbiyatul Akhlaq

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

fikhroni, Khiffatin Wahyu (2010) Implementasi strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) dalam pembelajaran PAI: Studi Analisis di MTs Tarbiyatul Akhlaq. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khiffatin Wahyu Fikhroni_D01206118.pdf

Download (3MB)

Abstract

Makna pendidikan amat penting bagi manusia terutama dalam rangka mempertahankan eksistensinya di dunia pendidikan. Berkaitan dengan adanya kurikulum KTSP dibutuhkan seorang guru yang kompeten dan mampu menciptakan lingkungan belajar yang efisien serta mampu membuat para siswa bisa berfikir kreatif dan kritis, sehingga hasil belajar siswa berada pada tingkat optimal. Oleh Karena itulah penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi strategi PQ4R di MTs Tarbiyatul Akhlaq, apa saja yang menjadi kendala dalam mengimplementasikannya dan solusi atau upaya yang dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Adapun penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan Deskriptif Untuk mendapatkan data-data yang berhubungan dengan permasalahan, maka peneliti menggunakan 3 instrumen pengumpulan data yaitu Wawancara, Observasi, Dokumentasi dengan tujuan untuk memperoleh data mengenai implementasi strategi PQ4R dan kendala-kendala yang muncul serta solusi dan kendala tersebut. Selanjutnya penulis menyajikan dan menganalisis data bahwa ada kendala-kendala dalam mengimplementasikan strategi PQ4R yaitu diantaranya jadwal guru yang padat, minimnya pemahaman siswa tentang strategi PQ4R dan sarana prasarana yang kurang memadai. Adapun solusi dari kendala-kendala tersebut kepala sekolah mengundang seorang Tutor yang dapat memberikan pengarahan tentang pentingnya strategi belajar PQ4R serta strategi yang lain yang dapat mengantarkan siswa mencapai tujuan yang ingin dicapai.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
fikhroni, Khiffatin WahyuUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: PQ4R; Preview; Question; Read; Reflect; Recite; Review
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Supriyatno Hary
Date Deposited: 19 Jun 2019 05:14
Last Modified: 19 Jun 2019 05:14
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32212

Actions (login required)

View Item View Item