Implementasi Integrated Curriculum dalam meningkatkan kompetensi siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di MA. Unggulan PP. Amanatul Ummah Siwalankerto Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mahmudah, Rifa'atul (2010) Implementasi Integrated Curriculum dalam meningkatkan kompetensi siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di MA. Unggulan PP. Amanatul Ummah Siwalankerto Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rifa'atul Mahmudah_D031205021.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dalam skripsi ini penulis menguraikan tentang apa yang di maksud dengan Integrated Curriculum, bagaimana Implementasi Integrated Curriculum di MA. Unggulan PP. Amanatul Ummah Siwalankerto Surabaya dan sejauh mana implementasinya dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di MA. Unggulan PP. Amanatul Ummah Siwalankerto Surabaya. Skripsi ini merupakan penelitian deskriptif- kualitatif dengan menggunakan tiga metode pengumpulan data, yakni observasi, interview, dan dokumentasi, serta untuk menjawab rumusan masalah yang ada, penulis menggunakan analisis data induksi, deduksi, dan komparasi yang di maksud dengan Integrated Curriculum adalah pengintegrasian antara kurikulum berstandar nasional (DIKNAS/DEPAG) dengan kurikulum berstandar internasional yang telah disamakan dengan Al-Azhar (Mesir). Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan, penerapan Implementasi Integrated Curriculum di MA. Unggulan PP. Amanatul Ummah Siwalankerto Surabaya berjalan cukup baik, dengan adanya subtansi pendidikan yang mencakup 2 dimensi, pertama: Dimensi Dunia, dengan pengembangan pemikiran kreatif untuk itu di tanamkan rasa senang kepada peserta didik akan belajar bukan hanya mencapai nilai tinggi secara teori. Kedua : Dimensi Akhirat, adanya pengembangan ideologi baku (sebuah pedoman tatanan prilaku fitrah hidup yang paling sempuma yaitu: Kitab Suci Al-Qur'an dan Surmah Nabi) yang disampaikan melalui tauladan dari para pendidik dan pesan moral yang disampaikan setiap saat baik dikala belajar maupun tidak. Apabila pesan moral ini disampaikan kepada peserta didik, maka bukan tidak mungkin out putnya akan berkualitas dengan bekal ilmu dan akhlak, punya ketinggian pengetahuan dan teknologi tetapi tidak lupa akan jati dirinya sebagai manusia yang selalu tunduk pada aturan Allah Swt. Adapun Implementasi Integrated Curriculum yang di laksanakan di MA. Unggulan PP. Amanatul Ummah Siwalankerto Surabaya dalam beberapa waktu dapat meningkatkan kompetensi siswa, baik kompetensi siswa pada aspek affektif kompetensi pada aspek kognitif maupun kompetensi pada aspek psikomotoriknya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mahmudah, Rifa'atulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Kurikulum
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Pendidikan > Kurikulum
Uncontrolled Keywords: Integrated Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Supriyatno Hary
Date Deposited: 18 Jun 2019 07:32
Last Modified: 18 Jun 2019 07:32
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32205

Actions (login required)

View Item View Item