Profesionalitas Nazhir dalam Mengelola Harta Wakaf di Desa Sugih Waras Kec.Ngoro Kab. jombang dalam Perspektif Hukum Islam dan Hukum Positif

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramdhan, Abdul Wahid Bagoes Timor Ali (2010) Profesionalitas Nazhir dalam Mengelola Harta Wakaf di Desa Sugih Waras Kec.Ngoro Kab. jombang dalam Perspektif Hukum Islam dan Hukum Positif. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Abdul Wahid Bagoes Timor_C01206044.pdf

Download (9MB)

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan yang berjudul "Profesionalitas Nazhir dalam Mengelola Harta Wakaf di desa sugihwaras kec. Ngoro kab. Jombang dalam Perspektif Hukum. Islam dan Hukum. Positif', penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang Bagaimana deskripsi profesionalitas nazir dalam mengelola harta wakaf di desa Sugihwaras Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang, Bagaimana perspektif hukum Islam mengenai profesionalitas nazir dalam mengelola harta wakaf yang berada di Desa Sugihwaras Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang, Bagaimana perspektif hukum posit if mengenai profesionalitas napr dalam mengelola harta wakaf yang berada di desa Sugihwaras Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang. Guna menjawab pertanyaan diatas, penulis Menggunakan teknik pengumpulan data melalui pengamatan (observasi), wawancara (interview), dan studi dokumen yang selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode Deskripti analisis dengan menggunakan pola piker induktif, yakni yaitu mengemukakan teori atau dalil-dalil yang bersifat khusus tentang profesionalitas seorang nazhir dalam mengelola harta wakaf. Dalam penelitian lapangan yang ada Desa Sugihwaras, penulis menemukan satu hal kecil yang pada umumnya masih terjadi pada Masyarakat Indonesia, yakni keluguan nazhir dalam menangani obyek wakafnya. Yang masih menjalankan perwakafan sesuai dengan metode tradisional, dimana seorang nazhir mengelola harta wakaf masih dengan cara atas dasar kepercayaan antara masyarakat satu dengan yang lainya tanpa mengikatnya dengan kekuatan huk:um sesuai yang telah diatur dalam Undang-undang . Padahal harta wakaf yang dimilik.i oleh masjid tersebut terbilang sangat banyak sekali, akan tetapi yang menjadi kendala adalah belum dilegalkanya obyek wakaf tersebut. Tidak dapat dipungk.iri juga praktik pelaksanaan wakaf semacam ini pada nantinya bisa juga menyebabkan persoalan mengenai validitas legal tentang harta wakaf yang berujung pada timbulnya persengketaan-persengketaan karena tiadanya bukti-bukti yang mampu menunjukkan bahwa benda-benda yang bersangkutan telah diwakafkan. Sejalan dengan kesimpulan diatas, maka disarankan hendaknya obyek wakaf yang ada segera disertifikatkan agar memiliki kekuatan hukum dan terhindar dari persengketaan-persengkataan yang akan terjadi nantinya .

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramdhan, Abdul Wahid Bagoes Timor AliUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam > Wakaf
Wakaf
Uncontrolled Keywords: Harta Wakaf; Mengelola Harta Wakaf; Nazhir
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 18 Jun 2019 03:42
Last Modified: 18 Jun 2019 03:42
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32197

Actions (login required)

View Item View Item