Efektivitas pelaksanaan metode Tajribi terhadap motivasi belajar siswa pada bidang Studi PAI kelas IX di SMK PGRI 2 Geneng - Ngawi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wardani, Tyas Ari (2010) Efektivitas pelaksanaan metode Tajribi terhadap motivasi belajar siswa pada bidang Studi PAI kelas IX di SMK PGRI 2 Geneng - Ngawi. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Tyas Ari Wardani_D31304006.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dari hasil analisa data penelitian metode Tajribi di SMK PGRI 2 Geneng—Ngawi dapat disimpulkan : 1. Pelaksanaan metode Tajribi di SMK PGRI 2 Geneng —Ngawi, sudah dilaksanakan dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan keaktifan dan kesiapan siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar dengan suasana kelas yang cukup aktif meskipun tidak ideal. Pernyataan ini di dukung dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa hasil presentase pelaksanaan metode Tajribi adalah 83%. Jika dilihat pada standart prosentase maka, terdapat pada skala 70% - 90% yaitu tergolong pada kriteria "baik". 2. Mengenai motivasi belajar siswa di SMK PGRI 2 Geneng—Ngawi adalah tergolong baik. Hal ini dibuktikan dengan minat belajar siswa yang baik dan dan hasil prosentase tentang motivasi belajar siswa yang berada pada skala 70% - 90% dengan prosentase 80% yaitu tergolong pada kategori "baik" 3. Menunjukkan bahwa efektifitas pelalcsanaan metode Tajribi terhadap motivasi belajar siswa di SMK PGRI 2 Geneng—Ngawi dapat dikatakan efektif. Hal ini berdasarkan analisis data yang diperoleh dan dibuktikan dengan rumus r produk moment dengan "rxy" sebesar 0,85 dan untuk mengetahui sejumlah mana efektifitas pelaksanaan metode Tajribi terhadap motivasi belajar siswa di SMK PGRI 2 Geneng —Ngawi dapat di interplasikan pada table interplasi "r" product moment. Pada table interprestasi r = 0,85 menunjukkan antara 0,70 — 0,90 yang berarti antar variable x dan variable y terdapat koreksi yang kuat dan tinggi. Pada pengujian hipotesis (N) 38 yang kemudian dicocokkan dengan taraf signifikansi 5% di dapatkan angka 0,329. Menunjukkan bahwa hipotesis kerja (Ha) diterima, yaitu adanya efektifitas pelaksanaan metode Tajribi terhadap motivasi belajar siswa kelas XI pada bidang studi PAI di SMK PGRI 2 Geneng—Ngawi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wardani, Tyas AriUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Motivasi Belajar
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Tajribi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Supriyatno Hary
Date Deposited: 17 Jun 2019 04:55
Last Modified: 17 Jun 2019 04:55
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32190

Actions (login required)

View Item View Item