Tinjauan hukum Islam tentang Lelang Barang Via SMS oleh Telkomsel

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Windari, Wiwin (2011) Tinjauan hukum Islam tentang Lelang Barang Via SMS oleh Telkomsel. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wiwin Windari_C02206096.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32184

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab dua pertanyaan. Yaitu Bagaimana mekanisme lelang barang via sms oleh Telkomsel? kcdua Bagaimana hukum Islam tentang lelang barang via sms oleh Telkomsel? Dalam penelitian ini, data dihimpun melalui teknik interview yang digunakan untuk mendapat kan data dari Telkomsel dan konsumen Telkomsel tentang lelang barang via sms dan teknik dokumentasi yang digunakan untuk menghimpun data dari brosur atau website lelang Telkomsel (data yang diambil dari internet) tentang lelang barang via sms oleh Telkomsel, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif verifikatif yaitu data yang digunakan untuk mengkaji keselarasan hukum Islam dengan mekanisme lelang barang via sms. Hasil penelitian menyimpulkan. bahwa kegiatan program lelang barang via sms oleh Telkomsel, menurut hukum Islam adalah haram dikarenakan ada unsm maysir dan gharar; terlebih lagi menimbulkan permusuhan dan angan-angan kosong yang mengakibatkan sifat malas bekerja, pemborosan, menunggu yang tidak pasti serta termasuk membodohi diri sendiri juga merugikan orang lain. Dari hasil penelitian ini dapat disarankan kepada para pembaca untuk lebih mempertimbangkan terlebih dahulu sebelum mengikuti program yang menggunakan jasa sms, online maupun yang lewat media televisi, karena dalam pandangan agama program tersebut mengandung unsur maysir dan gharar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Windari, Wiwin--UNSPECIFIED
Subjects: Dagang > Hukum, Dagang
Keywords: Lelang Barang; Via SMS; Telkomsel
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 14 Jun 2019 08:24
Last Modified: 14 Jun 2019 08:24
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32184

Actions (login required)

View Item View Item