Kerjasama dalam Bisnis: analisis hukum Islam terhadap sistem bagi hasil di rental mobil "Dwi Jaya" Sedati Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ghofur, Abdul (2011) Kerjasama dalam Bisnis: analisis hukum Islam terhadap sistem bagi hasil di rental mobil "Dwi Jaya" Sedati Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Abdul Ghofur_C02206112.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32174

Abstract

Skripsi ini adalah basil penelitian lapangan yang berjudul "KERJASAMA DALAM BISNIS (Analisis Hukum Islam Terhadap Sistem Bagi Hasil di Rental Mobil "Dwi Jaya" Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo)". Untuk menjawab pertanyaan : Bagaimanakah pelaksanaan pencatatan sistem bagi basil yang dilakukan di rental mobil Dwi Jaya, Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo, Bagaimana pelaksanaan perhitungan sistem bagi basil (laba) usaha per bulan di rental mobil Dwi Jaya, Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo, dan Bagaimanakah analisis bukum Islam terbadap pelaksanaan pencatatan dan perhitungan sistem bagi basil (laba) usaha per bulan di rental mobil Dwi Jaya, Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo. Data penelitian ini diperoleb dari rental mobil Dwi Jaya dengan menggunakan metode deslaiptif analitis dengan pola pikir deduktif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: Pertama, sistem bagi basil yang dilakukan oleh rental mobil Dwi Jaya adalah kerja sama antara dua orang atau lebib yaitu pemilik rental dengan pemilik mobil yang berkeinginan untuk bekerja sama dalam penyewaan mobil dan basilnya dibagi sesuai dengan ketentuan yang telah disepakati. Kedua, pelaksanaan kerja sama yang dilakukan oleh rental mobil Dwi Jaya dengan pemilik mobil pada dasarnya tidak bertentangan dengan bukum-bukum yang ada dalam Islam karena sudah sesuai dengan syari'at Islam. Sejalan dengan kesimpulan di atas, maka kepada rental mobil Dwi Jaya disarankan: Pertama, karena akad yang digunakan dalam kerja sama bagi basil ini hanya sebatas lisan, sebarusnya diperlukan sebuah akta perjanjian yang digunakan sebagai acuan untuk menjalankan usaha dalam kerja sama tersebut supaya tidak menjadikan kesalahpahaman antara pibak rental mobil Dwi Jaya dengan para pemilik mobil. Kedua, hendaknya pihak rental mobil Dwi Jaya lebih transparan lagi dalam memberikan data tentang pendapatan dan pengeluaran mobil. Ketiga, pihak rental mobil Dwi Jaya harus lebih mengembangkan dan mempublikasikan sistem yang saat ini telah diterapkan kepada khalayak ramai guna perkembangan dan kemajuan ekonomi Islam di Indonesia pada khususnya. Keempat, untuk masyarakat umum dan pengusaha rental mobil yang lain yang belum menerapkan sistem ekonomi Islam hendaknya bisa meniru apa yang telah dilakukan oleh rental mobil Dwi Jaya Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ghofur, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bagi Hasil
Bisnis
Keywords: Bisnis; Bagi Hasil; Rental Mobil
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 14 Jun 2019 06:58
Last Modified: 14 Jun 2019 06:58
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32174

Actions (login required)

View Item View Item