Tinjauan Hukum islam terhadap Penetapan Tarif Zona taksi Wings dan Prima oleh Primkopal di bandara Juanda Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Nurmala (2010) Tinjauan Hukum islam terhadap Penetapan Tarif Zona taksi Wings dan Prima oleh Primkopal di bandara Juanda Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurmala Sari_C02206087.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian tentang "Tinjauan Hukum Islam Tentang Pengelolaan Jasa Taksi di Bandara Juanda Sidorajo. Penelitian ini bertujuan untulc menjawab pertanyaan : 1. Bagaimana penetapan tarif zona taksi wings dan prima oleh Primkopal di Bandara juanda Sidoarjo. 2. Bagaimana analisis hukwn Islam terhadap penetapan tarif zona taksi wings dan prima oleh Primkopal di Bandara juanda Sidoarjo. Dalam menjawab pennasaJahan yang ada, penulis menggunakan teknik pengumpulan data melalui dokumentasi, wawancara serta studi pu 1aka yang selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode Deskriptif Analisis yang berpola pikir deduktif. Penelitian ini menjelaskan bahwa Primkopal menetapkan tarif zona taksi wings dan prima bertujuan untuk memberikan keamanan dalam pelayanan pada konsumen (penumpang) selain itu bagi pihak supir juga mendapatkan pcngawa an terhadap pelaksanaan mengemudi dalam jasa transportasi. penetapan tarif zona taksi wing dan prima berdasarkan atas wilayah-wilayah yang dibagi menjadi 21 zona. Dari hasil penelitian ini memnyimpulkan bahwa sistem penetapan tarif zona dalam menetapkan besarnya tarif adalah dibcnarkan sccara syari'at kar .:na ll'lah tcrpcnuhi rukun dan syarat daJam mclakukan transaksi tcrscbut bcrsifat suka sama suka antara kedua belah pihak, penctapan tarif zona lcbih cocok ditcrapkitn di kola­ kota besar yang memiliki kcpadatan aktifitas yang sangat padat dan tidak diimbangi dengan jumlah ruas jalan yang ada serta jumlah volume kendaraan yang tcrus naik jumlahnya, oleh karenanya system seperti ini tidak ada pihak yang dirugikan baik penumpang maupun pihak pengelola, di satu sisi pengguna jasa tidak merasa dibohongi oleh pihak pengelola dimana sering sekali supir taksi berpura-pura tersesat atau dengan memperlambat laju kendaraannya agar saldo yang tertera dalam argo terus meningkat sehingga terciptalah sebuah kejujuran pada pihak pengelola. di sisi lain pihak pengelola daJam hal ini supir bisa lebih terpacu untuk bisa segera mengantarkan pnumpang sampai ke tempat tujuannya, dan mencari penumpang­ penumpang berikutnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, NurmalaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pengangkutan > Pengangkutan Darat > Pengangkutan Darat - Tarif
Pengangkutan
Uncontrolled Keywords: Tarik Angkutan; Tarif Taksi; Zona Taksi; taksi Wings; taksi prima
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 14 Jun 2019 06:48
Last Modified: 14 Jun 2019 06:48
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32173

Actions (login required)

View Item View Item