Analisis Al-Ujrah terhadap Pengupahan Buruh Tani dengan Sistem Tukar Jasa ( Liron geger ) di Desa Dagelan Panceng gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Selviana, Yushiba (2010) Analisis Al-Ujrah terhadap Pengupahan Buruh Tani dengan Sistem Tukar Jasa ( Liron geger ) di Desa Dagelan Panceng gresik. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yushiba Selviana_C02206086.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan yang berjudul "Analisis Al-Ujrah terhadap Pengupahan Burub Tani dengan Sistem Tokar Jasa (Liron Geger) di Desa Dalegan Panceng Gresik". Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan mengenai bagaimana praktek sistem Liron gegerdalam pengupahan buruh tani dan bagaimana analisis al-ujrah terhadap pengupahan buruh tani dengan sistem tukar jasa (Liron geger)di Desa Dalegan Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik'?. Penelitian ini diperoleh melalui wawancara dan observasi, kemudian dianalisis menggunakan metode deskriptif dan kesimpulannya diperoleh melalui pola pikir induktif. Hasil penelitian menyimpulkan, Pihak yang melakukan pengupahan kerja bidang pertanian dalam penggarapan sawah ini adalah sama-sama mempunyai sawah, sebagai upahnya tidak dibayar dengan uang yang secara langsung setelah selesainya masa kerja, tetapi sebagai upahnya dengan sistem Liron geger yaitu penukaran pekerjaan yang dilakukan secara kelompok dan bergilir. Yang mana ketentuan waktu dan jenis pekerjaannya sudah disepakati oleh para pihak diawal perjanjian. Pada prinsipnya pelaksanaan pengupahan kerja dengan sistem Liron geger yang dilakukan masyarakat Desa Dalegan adalah hukumnya sah dan tidak bertentangan dengan hukum Islam. Karena sudah sepadan dan sesuai dengan syarat yang disebutkan dalam akad perjanjian, selain itu atas dasar kerelaan. Hal tersebut dilakukan karena saling membut uhkan, meringankan dan tolong-menolong. Berdasarkan kesimpulan diatas, diharapkan berguna : Secara teoritis, untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan penyempurnaan teori yang ada, serta pengembangan pemahaman studi hukum Islam mahasiswa jurusan muamalah khususnya dan mahasiswa fakultas syariah pada umumnya, selanjutnya digunakan untuk perbandingan bagi peneliti berikutnya. Secara praktis, agar dapat menjadi bahan pertimbangan mengenai pelaksanaan upah dengan sistem Liron geger bagi masyarakat yang beragama Islam pada umumnya dan masyarakat di Desa Dalegan Panceng Gresik pada khususnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Selviana, YushibaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Administrasi
Hukum Islam > Perjanjian
Upah Minimum
Uncontrolled Keywords: Ujrah; Biaya Sewa; Upah Buruh tani; Tukar Jasa; Liron geger
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 14 Jun 2019 06:38
Last Modified: 14 Jun 2019 06:38
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32172

Actions (login required)

View Item View Item