Studi Analisis Hukum Islam terhadap Penetapan Tarif Iklan di televisi: studi kasus pada divisi periklanan JTV Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Oktafiah, Tunziana (2010) Studi Analisis Hukum Islam terhadap Penetapan Tarif Iklan di televisi: studi kasus pada divisi periklanan JTV Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Tunziana Oktafiah_C02206067.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32168

Abstract

Skripsi dengan judul Studi analisa hukum Islam terhadap penetapan tarif iklan di televisi (Studi kasus pada divisi periklanan JTV Surabaya) adalah hasil penelitian lapangan( field reaserch)yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan bagaimana proses penetapan tarif iklan di televisi dan bagaimana analisa hukum Islam terbadap proses penetapan tarif iklan di televisi divisi periklanan JTV Surabaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa: wawancara, observasi, dan dokumentasi,penelitian ini bersifat analisis, yakni menganalisa yang ada dalam pokok bahasan secara kritis analitis, apakah permasalahan itu sesuai dengan hukum Islam atau tidak, dengan pendekatan normatif yaitu pendekatan melalui norma-norma bukum Islam berdasarkan nash-nash al-Qur'an, al-Hadis maupun basil ijtibad ulama. Dari basil penelitian di divisi periklanan JTV Surabaya tentang penetapan tarif iklan di televisi, maka penulis dapat menarik kesimpulan dan menberikan penilaian ambil kesimpulan antara lain: Proses Penetapan tarif iklan pada divisi periklanan JTV Surabaya adalah penetapan tarif iklan bedasarkan progess program acara yang ada di stasiun televisi JTV Surabaya, Analisa hukum Islam terbadap penetapan tarif iklan di televisi pada divisi periklanan JTV Surabaya Pencantuman waktu dalam kontrak diadakan karena jenis dan sifat yang menjadi obyek perjanjian sewa manyewa tersebut memang mengharuskan demikian sebingga dalam bal ini pencantuman kualitas waktu dalam klausul kontrak adalah hal yang wajar. Adanya jangka waktu justru dan kualitas waktu membuat sebuah kontrak menjadi jelas. Sejalan dengan kesimpulan di atas maka sebagai pemegang otoritas dalam penetapan tarif ikan divisi periklanan baik manager, marketing dan pibak terkait dengan penetapan iklan sebagai lembaga penyiaran yang bergerak di bidang jasa penyiaran televisi divisi periklanan seharusnya lebih menjelaskan tentang mekanisme penetapan tarif pada pengiklan(klient). Dan bagi pengiklan lebib teliti dan rinci dalam pembelian jam tayang dalam yang tarifuya sudah ditentukan oleb pibak lembaga penyiaran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Oktafiah, TunzianaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Iklan
Keywords: Iklan; Tarif Iklan; Durasi Iklan; Program Televisi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 14 Jun 2019 03:33
Last Modified: 14 Jun 2019 03:33
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32168

Actions (login required)

View Item View Item