Proses Pembuatan Tas Kresek Berwarna di CV matahari Plastik Sidoarjo dan Pengaruhnya Bagi kesehatan dalam Perspektif Produksi Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amalia, Rahmita (2010) Proses Pembuatan Tas Kresek Berwarna di CV matahari Plastik Sidoarjo dan Pengaruhnya Bagi kesehatan dalam Perspektif Produksi Islam. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rahmita Amalia_C02205138.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini adalah basil penelitian lapangan (field research) tentang "Proses Pembuatan Tas Kresek Berwarna di CV Matahari Plastik Sidoarjo dan Pengaruhnya Bagi Kesehatan Dalam Perspektif Produksi Islam". Penelitian ini bertujuan menjawab rumusan masalah mengenai, bagaimana proses pembuatan Tas Kresek Berwama di CV Matahari Sidoarjo, bagaimana pengaruh pengunaan Tas Kresek Berwarna bagi kesehatan dan bagaimana anal isis konsep produksi Islam terhadap produksi Tas Kresek Berwama. Data penulisan skripsi ini diperoleh melalui wawancara dan kajian teks yang berhubungan dengan proses pembuatan Tas K.resek Berwarna dan pengaruhnya bagi kesehatan yang selanjutnya dianalisis dengan metode deskriptif, dengan pola pikir deduktif. Hasil penelitian menyebutkan bahwa proses produksi Tas Kresek Berwarna sebagaimana di CV Matahari Plastik Sidoarjo berasal dari limbah plastik yang didaur ulang melalui proses produksi sebagai berikut penerimaan bahan baku, proses sortir, proses pencucian, proses pengeringan, proses pemanasan, proses penyaringan, proses peleburan dan penyetakan, kemudian proses pengepakan. Dalam prosesnya bahan balm dicampur dengan zat kimia dan pewama antara lain PCB (Penta Cloro Bifenil), Pigmen, Melani/ Yellow, Black Master Batches, Organik Pigmen, Fluoriscen Colour yang membahayakan bagi kesehatan dapat menyebabkan penyakit kanker, jika dipakai untuk makanan atau minuman dalam keadaan panas. Melalui pembahasan dan analisis dapat disimpulakan bahwa proses produksi Tas Kresek Berwama dalam perspektif produksi Islam adalah boleh karena secara keseluruhan proses produksi telah memenuhi unsur .dan prinsip yang berlaku dalm konsep produksi Islam. Sejalan dengan kesimpulan diatas, maka diharapkan bagi para konsumen untuk meningkatkan pemahaman akan bahaya menggunakan Tas Kresek Berwama untuk membungkus makanan atau minuman dalam keadaan panas. Bagi para pelaku usaha diharapkan lebih transparan dalam memproduksi suatu barang dan tidak membahayakan bagi kesehatan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amalia, RahmitaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Daur Ulang
Kesehatan
Uncontrolled Keywords: Plastik kresek; Kresek Berwarna; Kesehatan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 14 Jun 2019 02:23
Last Modified: 14 Jun 2019 02:23
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32164

Actions (login required)

View Item View Item