Konsep metode Amsal dalam penanaman nilai-nilai pendidikan Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ilfi, Muslimatul (2010) Konsep metode Amsal dalam penanaman nilai-nilai pendidikan Islam. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muslimatul Ilfi_D01206096.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berupaya membahas tentang konsep metode amsal dalam penanaman nilai-nilai pendidikan Islam. Melihat pelaksanaan pendidikan Islam yang selama ini berlangsung agaknya kurang terkait atau concern terhadap persoalan bagaimana mengubah pengetahuan agama yang bersifat kognitif, menjadi "makna" dan nilai yang perlu diinternalisasikan dalam peserta didik, untuk selanjutnya menjadi sumber motivasi untuk bergerak dan berperilaku secara konkrit-agamis dalam kehidupan sehari-hari. Metode amsal disini, sebagai metode yang bersumber dan i Al-Qur'an dan juga digunakan oleh Nabi SAW., dengan perumpamaannya mengubah sesuatu yang abstrak menjadi konkrit dapat mengena kepada akal peserta didik sehingga menjadi lebih mudah untuk dipahami. Selain itu juga, dengan perumpamaan dapat memberikan kesan yang mendalam bagi jiwa. Skripsi ini menggunakan penelitian pustaka dengan pendekatan kualitatif deskriptif yang data-datanya diperoleh dani sumber data primer dan sekunder berupa literature buku yang mendukung dan relevan dengan judul yang diteliti. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik documenter. Dalam penelitian ini, yang dikaji yaitu mengenai metode amsa1 yang terdiri dari amsal musarrahah, amsal kaminah dan amsa1 mursalah, dan tinjauan tentang nilai-nilai pendidikan Islam yang terdiri dari pengertian pendidikan Islam, sumber pendidikan Islam, tujuan pendidikan Islam, dan nilai-nilai pendidikan Islam. Dari hasil penelitian dalam skripsi ini, penulis dapat menyimpulkan bahwa dalam penggunaan metode amsa1 dapat menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam. Karena dengan amsal dapat lebih menanamkan peserta didik serta dapat mendorong peserta didik untuk melakukan atau meninggalkan sesuatu yang telah diumpamakan. Dalam penerapannya, metode amsal dapat menggunakan simbolisme verbal (ceramah) atau 'dengan karyawisata. Harapan penulis, semoga dalam pelaksanaan pendidikan Islam 'dapat ditujukan untuk penanaman nilai-nilai pendidikan Islam sehingga nantinya bisa dihayati sehingga dalam pengaplikasiannya dalam kehidupan sehari-hari menjadi lebih ringan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ilfi, MuslimatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Metode Amsal
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Supriyatno Hary
Date Deposited: 14 Jun 2019 01:52
Last Modified: 14 Jun 2019 01:52
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32163

Actions (login required)

View Item View Item