Pengaruh model pembelajaran Bamboo Dancing (tari bambu) terhadap peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MTs Hasyim Asy'ari Bangsri Sukodono Sidoarjo

Azizah, Muhibbatul (2010) Pengaruh model pembelajaran Bamboo Dancing (tari bambu) terhadap peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MTs Hasyim Asy'ari Bangsri Sukodono Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhibbatul Azizah_D01206084.pdf

Download (3MB)

Abstract

Model pembelajaran adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien. pembelajaran kooperatif Bamboo Dancing (tari bambu) adalah seperangkat instruksi yang menggunakan kelompok kecil, sehingga siswa dapat menjalin kerjasama untuk memaksimalkan kelompoknya dan masing-masing melakukan pembelajaran. Dalam suasana pembelajaran kooperatif Bamboo Dancing (tari bambu) terdapat saling ketergantungan positif antar siswa untuk mencapai tujuan. Dengan adanya pelaksanaan model pembelajaran kooperatif Bamboo Dancing (tari bambu) memegang peranan penting dalam kegiatan belajar yang menciptakan smsana dan proses pembelajaran yang kondusif dan menyenangkan. Pembelajaran kooperatif Bamboo Dancing (tari bambu) ini membuat siswa belajar bekerjasama dalam menyelesaikan tugas kelompok dan membangkitkan motivasi individu untuk bekerjasama dalam menyelesaikan tugas kelompok. Dalam hal ini dapat diketahui bahwa pelaksanaan model pembelajaran kooperatif Bamboo Dancing (tari bambu) dapat memacu motivasi belajar siswa. Masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan model pembelajaran bamboo dancing (tari bambu) pada mata pelajaran Fiqih; 2) Bagaimana motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih; 3) Apakah penerapan model pembelajaran bamboo dancing (tani bambu) berpengaruh terhadap peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di kelas I MTs Hasyim Asy'ari Bangsri Sukodono Sidoarjo. Dani uraian di a-Ws, penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pelaksanaan model pembelajaran tan bambu terhadap motivasi belajar siswa. Adapun variabel bebas dalam penelitian adalah pelaksanaan model pembelajaran kooperatif Bamboo Dancing (tari bambu), sedangkan variabel terikatnya adalah motivasi belajar siswa. Data tentang pengaruh pelaksanaan model pembelajaran kooperatif Bamboo Dancing (tari bambu) terhadap motivasi belajar siswa diperoleh dari 97 responden. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan data metode observasi, metode interview, metode angket dan metode dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan adalah "Teknik Prosentase" untuk menjawab rumusan masalah nomor satu, dun dan tiga. Sedangkan untuk dikonsultasikan dengan r tabel pada taraf kesalahan 5% dan 1% untuk memberikan interpretasi bahwa hipotesis alternatif diterima atau ditolak. Dan hasil penelitian menunjukkan bahwa "prosentase" sebagian besar Pengaruh Model Pembelajaran Bamboo Dancing (Tari Bambu) tergolong cukup. 56% - 76%. Begitu juga dengan tingkat motivasi belajar siswa tergolong baik 76% - 90%. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan nilai r product moment 0.595 dikonsultasikan dengan tabel interpretasi, maka hasil perhitungan tersebut berkisar antara 0.400 — 0.600 yang berarti tergolong agak rendah.

Email: digilib@uinsby.ac.id
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Zaini, Ahmad
Uncontrolled Keywords: Bamboo Dancing;m Tari Bambu
Subjects: Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Motivasi Belajar
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Pendidikan > Metode
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Supriyatno Hary
Date Deposited: 14 Jun 2019 01:33
Last Modified: 14 Jun 2019 01:33
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32161

Actions (login required)

View Item View Item