Studi eksperevien tentang efektivitas aplikasi e-learning terhadap ketuntasan belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) kelas 2 AK SMK YPM 3 Taman

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fajriyah, Nur (2010) Studi eksperevien tentang efektivitas aplikasi e-learning terhadap ketuntasan belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) kelas 2 AK SMK YPM 3 Taman. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Fajriyah_D01205206.pdf

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan Teknologi Informasi (TI) yang semakin pesat, kebutuhan akan suatu konsep dan mekanisme belajar mengajar (pendidikan) berbasis TI menjadi tidak terelakkan lagi. Konsep yang kemudian terkenal dengan sebutan e-Learning ini membawa pengaruh terjadinya proses transformasi pendidikan konvensional ke dalam bentuk digital. Saat ini konsep e-Learning sudah banyak diterima oleh masyarakat dunia, terbukti dengan maraknya implementasi e-Learning di lembaga pendidikan (sekolah, training dan universitas) maupun industri. Dengan strategi pembelajaran e-learning inilah peneliti mencoba meneliti ketuntutasan belajar siswa di SMK YPM 3 Taman, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektfitas aplikasi e-learning terhadap ketuntasan belajar siswa kelompok eksperimen (kelompok yang menggunakan strategi e-learning dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam) dengan siswa kelompok kontrol (kelompok yang tidak menggunakan strategi elearning dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam) pada siswa kelas 2 Ak SMK YPM 3 Taman tahun Pelajaran 2009-2010 sebanyak 448 siswa sebagai populasi. Sedang sampel yang digunakan adalah Teknik Sampling Non Probabilitas Type Purposive Sampling yaitu pengambilan sampel dengan cara mengambil subyek bukan didasarkan pada strata, random atau daerah, melainkan didasarkan atas adanya tujuan tertentu. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas 2 AK 1 (48 siswa) sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas 2 AK 2(48 siswa) sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, dokumentasi, angket dan tes. Untuk analisis data digtmakan teknik Doeble Test Double Trial Method yang kemudian dilanjutkan dengan analisis Statistik Uji "t" (Rumus Fisher) untuk menganalisa data tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara ketuntasan belajar siswa kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Perbedaan ini dapat dilihat dan i skor rata-rata kelompok Eksperimen dan i 52,979 (Pre Test) menjadi 68,562 (Post Test) dan kelompok kontrol dan i 66,416 (Pre Test) menjadi 67 (Post Test). Ini menunjukkan tingkat signifikansi sebesar 1,562. Dalam hasil perhitungan Uji t diperoleh to sebesar 8,990. Angka ini jauh lebih besar dibanding tt pada taraf signifikansi 5% yaitu 2,63 dan taraf signifikansi 1% yaitu 1,99 (1,99 < 8,990> 2,63). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi e-learning cukup efektif terhadap ketuntasan belajar siswa Kelas 2 AK SiV11( YPM 3 Taman. Dikarenakan keterbatasan peneliti, maim diperlukan pengkajian lebih lanjut oleh peneliti-peneliti lain, terutama mengenai varias-variasi baru strategi pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fajriyah, NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Aplikasi e-learning; Ketuntasan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Supriyatno Hary
Date Deposited: 14 Jun 2019 01:15
Last Modified: 14 Jun 2019 01:15
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32158

Actions (login required)

View Item View Item