Efektifitas pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam meningkatkan prestasi siswa bidang study Aqidah akhlak kelas VII MTs Al-Mustofa Canggu Jetis Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Masruroh, Masruroh (2010) Efektifitas pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam meningkatkan prestasi siswa bidang study Aqidah akhlak kelas VII MTs Al-Mustofa Canggu Jetis Mojokerto. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Masruroh_D01205132.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran PAI. Yang selama ini masih sebatas sebagai proses penyampaian pengetahuan islam. Proses internalisasi dan aplikasi nilai nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari justru kurang mendapat perhatian siswa. Karena guru kurang memberikan kesempatan pada siswa untuk saling berinteraksi dengan teman, sehingga ketika mengajar PAI berpeluang besar terhadap proses internalisasi nilai-nilai agama Islam pada diri siswa. Oleh sebab itu penelitian ini mencoba menawarkan sebuah alternative metode pembelajaran dimana kegiatan belajamya lebih mempertimbangkan siswa yang disebut dengan pembelajaran kooperatif. Pembelajaran kooperatif yang digunakan dalam penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Metode jigsaw ini merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang dalam pelaksanaannya ditempatkan kedalam tim dengan anggota yang heterogen untuk mempelajari materi akademik yang telah dipecah menjadi bagian-bagian untuk tiap anggota dan bertanggung jawab untuk menyampaikan materi tersebut kepada teman kelompoknya. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah:(1). Bagaimana pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran aqidah akhlak di Mts Al-Mustofa Canggu Jetis Mojokerto?, (2). Bagaimana prestasi siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak Mts Al-Mustofa Canggu Jetis Mojokerto?, (3). Sejauhmana tingkat efektifitas pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran aqidah akhlak di Mts Al-Mustofa Canggu Jetis Mojokerto? Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Al-Musthofa Canggu Jetis Mojokerto yang terdiri dan i 7 kelas dengan siswa yang berjumlah 487 siswa. Adapun sample Sampel pada penelitian ini adalah kelas VII A yang terdiri dari 40 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 38 siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian test control group design dengan design pre-test dan post-test pada kelas kelas eksperimen dan kelas control, dan menggunakan pendekatan quase experiment. Analisis data yang digunakan untuk menganalisis data kuantitatif yang diperoleh dari hasil post-test kelas eksperimen dengan menggunakan rumus polled varian, dan analisis non statistic yang digunakan untuk menganalisis data kualitatif. Berdasarkan hasil analisis kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran kooperatif tipe jigsaw selama 2 pertemuan sangat baik yaitu dengan nilai rata-rata 3,36. Hasil analisa untuk aktifitas siswa selama kegiatan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw tergolong aktif yaitu jumlah rata-rata aktifitas aktif adalah 6,4, sedangkan rata-rata tidak aktif adalah 3,6. Hasil analisis untuk ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada pembelajaran kooperatif tipe jigsaw termasuk tuntas dengan prosentase ketuntasan belajar ldasikal sebesar 95 % sedangkan berdasarkan hasil analisis data statistik dengan perhitungan uji-t pada taraf signifikasi 5%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Masruroh, MasrurohUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Pendidikan > Prestasi Belajar
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Kooperatif Tipe Jigsaw; Prestasi Siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Supriyatno Hary
Date Deposited: 14 Jun 2019 00:58
Last Modified: 14 Jun 2019 00:58
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32156

Actions (login required)

View Item View Item