Pengaruh penerapan model pembelajaran Edutaiment terhadap kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Qoidah, Atiqotul (2010) Pengaruh penerapan model pembelajaran Edutaiment terhadap kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Atiqotul Qoidah_D31206044.pdf

Download (2MB)

Abstract

Belajar atau pembelajaran adalah merupakan sebuah kegiatan yang wajib kita lakukan dan kita berikan kepada anak-anak kita karena ia merupakan kunci sukses untuk menggapai masa depan yang cerah, mempersiapkan generasi bangsa, negara dan agama. Melihat peran yang begitu vital, maka penerapan metode yang efektif dan efisien adalah sebuah keharusan Selain itu kemandirian belajar siswa merupakan satu unsur yang paling penting dari pengajaran efektif atau penggajaran yang berhasil. Kalau siswa sudah memiliki kemandirian belajar yang sedemikian besar, maka siswa akan menjadi lebih giat lagi untuk belajar, Sehingga rasa atau sifat inggin tahunya akan dapat terpenuhi, kalau sudah demikian maka tingkah laku siswa akan cenderung berubah karena hasil dari belajar yang lebih giat. Dad sini dapat di rumuskan sebagai berikut: 1. Bagaimana penerapan edutainment pada mata pelajaran PAT kekas XI IPA III di SMA Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo. 2. Bagaimana kemandirian belajar siswa kelas XI IPA III di SMA Muhammadiyah 1 Taman sidoarjo. 3. Apakah penerapan model pembelajaran edutainment beipengaruh terhadap kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo. Adapun penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Dan populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa SMA Muhammadiyah 1 Sidoarjo kelas XI.Kemudian mengambil satu kelas di jadikan sebagai sample yaitu kelas XI IPA III yang berjumlah 40 siswa. Kemudian dalam pengumpulan data, peneliti mengunakan teknik pengumpulan data yang berbentuk obsevasi, wawancara, dokumentasi clan penyebaran angket. Analisis data yang di gunakan adalah prosentase dan indeks korelasi product moment" r ". Berdasarkan hasil analisis data statistik dengan prosentase dan perhitungan " r" (product moment) dengan hasil r xy = 0.43 (inn dan i hasil signifikan 0.05 % dan 0.01 % dari sini dapat di ketahuai bahwa "r xy " > "r t" maka hipotesis di terima. Dengan kata lain, penerapan edutainment terhadap kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dapat di terapkan dengan balk oleh siswa siswi SMA Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo. Berarti model pembelajaran edutainment sangat berpengaruh terhadap kemandirian belajar siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Qoidah, AtiqotulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Belajar
Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Edutaiment
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Supriyatno Hary
Date Deposited: 13 Jun 2019 07:42
Last Modified: 13 Jun 2019 07:42
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32154

Actions (login required)

View Item View Item