Analisis Hukum penjualan Buku Bersegel dalam Perspektif Islam: studi di toko buku Gramedia Royal Plaza Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mubarok, Kaihal (2011) Analisis Hukum penjualan Buku Bersegel dalam Perspektif Islam: studi di toko buku Gramedia Royal Plaza Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Kaihal Mubarok_C32206017.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripi ini adalah basil penelitian lapangan "Analisis Hukum Penjualan Buku Bersegel Dalam Perspe.ktif Islam (Studi di Toko Buku Gramedia Royal Plaza Surabaya)". Untuk mengetahui bagaimana jual beli buku bersegel di Toko Buku Gramedia Royal Plaza, apakah sudah sesuai dengan aturan hukum Islam, maka dibuat beberapa rumusan masalah untuk menjawab permasalahan yang akan dikaji, yaitu: 1,Bagaimana prosedur transaksi produsen menyegel buku yang tidak disertai dengan contoh yang akan diperdagangkan?. 2,Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap penjualan buku bersegel pada konswnen di Gramedia Royal Plaza Surabaya?mela1ui wawancara pada para subjek selanjutnya akan dianalisis berdasarkan norma-norma yang berlaku dalam Islam dalam hal jual bell menggunakan metode deskriptif analisis dengan pola pikir induktif. Hasil peneiitfan menunjukkan bahwa penyegelan buku yang di lakukan oleh Toko Buku Gramedia Royal Plaza ini pada mulanya adalah inovasi dari pihak Suplier atau penerbit pihak Gramedia melakukan hal serupa untuk penyeragaman saja. Selain itu pihak Gramedia juga memberikan beberapa alasan dalam penyegelan buku tersebut, yaitu sebagai media perawatan inventaris, jika tidak disegel buku tersebut gampang rusak karena ulah sebagian konsumen yang tak bertanggung jawab, misalnya adanya sobekan, Jipatan bahkan ada halaman yang hilang sehingga buku tersebut mengalami penurunan harga juaJ bahkan sampai tidak Jalru dijuaJ. Hal ini akan berdampak pada keuntungan yang akan diperoleh pihak Gramedia. Praktek jual beli buku bersegel di Toko Buku gramedia Royal Plaza Surabaya, menurut tinjauan hukum Islam diperbolehkan. Jika dilihat dari objeknya, transaksi jual beli seperti ini tidak termasuk termasuk praktek gharar yang berat (kabir), karena ketidaktahuan/ketidakjelasan (jahl) pada obyek jual beli (mabi') akan tetapi keghararan ini dianggap gharar yang lemah ( yasir), meski buku dalam keadaan bersegel, Judul, pengarang buku, penerbit buk sinopsis buku, serta adanya ISBN (International Standard Book Number adalah pengindentikasi unik untuk buku-buku yang digunakan secara komersial), dan tertera harga yang jelas. Meskipun buku tersebut disegel, dengan adanya keterangan tersebut konsumen bisa mengetahui secara sekilas isi buku tersebut. Adapun saran yang diberikan oleh penulis, pertama, bagi pembeli agar lebih selektif dalam memilih buku yang akan dibeli. Kedua bagi penjual dalam menawarkan buku agar selalu memperhatikan kualitas atas barang tersebut. Ketiga, penjual yang menjual buku bersegel agar menyediakan satu contoh yang terbuka (tidak disegel). Dan keempat, bagi penerbit yang menjual buku diharapkan pula menyediakan informasi yang mendukWlg akan bulru bersegel tersebut, seperti menyediakan contoh (teasel).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mubarok, KaihalUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Jual Beli
Keywords: Jual Beli; Buku bersegel; Toko Buku
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 13 Jun 2019 05:57
Last Modified: 13 Jun 2019 05:57
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32151

Actions (login required)

View Item View Item