Analisis Hukum Islam terhadap Penggunaan dan Penjual Beli Arak dalam Masakan: studi di perusahaan Aerowisata Chatering Service Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Qibriyah, Qibriyah (2011) Analisis Hukum Islam terhadap Penggunaan dan Penjual Beli Arak dalam Masakan: studi di perusahaan Aerowisata Chatering Service Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Qibriyah_C02206127.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan basil penelitian lapangan (field reseach) yang berjudul "Analisis Hukum Islam Terhadap Penggunaan dan Jual Beli Arak Dalam Masakan di perusahaan Aerowisata Cathering Service (ACS) Surabaya". Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang Bagaimana penggunaan arak dalam masakan, bagaimana jual beli masakan yang dicampur dengan arak, dan bagaimana analisis hukum Islam terhadap penggunaan arak dan jual beli arak dalam masakan. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah deskriptif analisis, yakni menggambarkan kemudian dianalisis dengan menggunakan pola pikir induktif, yaitu pola pikir (nalar) dari hal-hal yang bersifat khusus (khamrmenurut fuqaha) kemudian ditarik kesimpulan secara umum (Khamr berdasarkan Al-Qur'an dan al-Hadits). Hasil yang ditemukan adalah, para penjuru masak menyakini ada banyak kegunaan yang dihasilkan dari arak tersebut. Kegunaan pertama adalah melunakkan jaringan daging. daging yang direndam dengan arak akan menjad.i empuk clan enak. khamr secara esensi maupun penggunaannya diharamkan secara Qa’I (pasti) dalam Al­ Qur'an maupun sunnah Nabi SAW. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, pertama. Perusahaan Aerowisata Cathering Service (ACS) Surabaya menggunakan arak sebagai bahan penyedap masakannya, kedua, konsumen yang akan memesan makanan khusus harus memesan pada saat melakukan reservasi, pesanan makanan khusus dapat dilakukan sedikitnya tiga hari sebelum tanggal keberangatan. Selain membuat makanan untulc penumpang airline, PT. ACS Surabaya juga memproduksi makanan unt uk grup-grup Hotel nasioanal, asrama haji, dan beberapa maskapai penerbangan angkatan militer yang ada di Surabaya, ketiga, khamr (arak) secara esensi maupun penggunaannya diharamkan secara qa’i (pasti) dalam Al-Qur' an maupun sunnah Nabi SAW sebagaiman telah dijelaskan dalam surat al-Maidah ayat 90. sejalan dengan kesimpulan yang diperoleh maka hendaknya Perusahaan Aerowisata Cathering Service (ACS) Surabaya dapat menciptakan menu masakan yang lezat yang terbebas dari unsur arak, sehingga masakan tersebut bedasarkan Al-Qur' an dan Al-Hadits lebih aman dan halal untuk dikomsumsi oleh masyarakat umum lebih khususnya bagi umat Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Qibriyah, QibriyahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Jual Beli
Uncontrolled Keywords: Jual beli Arak; Arak untuk makanan; Khamr
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 13 Jun 2019 02:44
Last Modified: 13 Jun 2019 02:44
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32134

Actions (login required)

View Item View Item