Analisis Istibat Hukum terhadap pendapat Tokoh Agama tentang Sewa Hand Tractor Milik Bersama di Desa Margobener Kecamatan Tarik Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anwar, Risa (2011) Analisis Istibat Hukum terhadap pendapat Tokoh Agama tentang Sewa Hand Tractor Milik Bersama di Desa Margobener Kecamatan Tarik Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Risa Anwar_C02206059.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini adalah hasil dari penelitian lapangan tentang "Analisis Istinbat Hukum terhadap Pendapat Tokoh Agama tentang Sewa Hand tractor milik bersama di Desa Mergobener Kecamatan Tarik Kabupaten Sidoarjo" untuk menjawab pertanyaan: bagaimana ketentuan tentang sewa hand tractor millik bersama di desa Mergobener kecamatan Tarik kabupaten Sidoarjo, bagaimana pendapat tokoh agama tentang sewa hand tractor milik bersama di desa Mergobener kecamatan Tarik kabupaten Sidoarjo dan bagaimana analisis istinbat hukum terhadap pendapat tokoh agama di desa Mergobener kecamatan Tarik kabupaten Sidoarjo. Data penelitian ini berasal dari bacaan dan kajian teks serta kajian lapangan yang berhubungan dengan istiobaf hukwn sewa hand tractor milik bersama yang kemudian dianalisis menggunakan metode deskripsi dan verifikatif. Desa Mergobener kecamatan Tarik kabupaten Sidoarjo mendapatkan bantuan 3 buah hand tractor dari Dina. Pertanian. Tiga buah hand tractortersebut disewakan oleh para pengurus GAPOKTAN Tani Mulyo kepada para petani desa Mergobener kecamatan Tarik kabupaten Sidoarjo. Terdapat perbedaan pendapat antara para tokoh agama tentang adanya sewa band tractor milik bersama. Ada tok.oh agama yang berpendapat bahwa sewa hand tractormilik bersama tersebut boleh dilakukan, karena mengandung unsur manfaat bagi masyarakat. Tetapi ada pendapat tokoh agama lain yang berpendapat bahwa sewa band tractormilik besama tersebut tidak boleh dilakukan. Karena adanya beberapa sebab antara Jain: harga sewa yang Jebih tinggi dan adanya syarat sewa yang ditent ukan oleh pengurus GAPOKTAN Tani Mulyo kepada para petani desa Mergobener kecamatan Tarik kabupaten Sidoarjo.Melalui pembahasan dan analisis yang dilakukan penulis, akhimya dapat disimpulkan bahwa sewa hand tractor milik bersama tersebut boleh dilakukan dengan adanya dasar Maslahah al-mursalah. Sejalan dengan kesimpulan di atas, maka diharapkan kepada pengurus GAPOKTAN Tani Mulyo untuk lebih mempertimbangkan rasa keadilan diantara para petani desa Mergobener kecamatan Tarik kabupaten Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anwar, RisaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Sewa
Keywords: sewa menyewa; hand Tractor; GAPOKTAN Tani Mulya
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 13 Jun 2019 01:47
Last Modified: 13 Jun 2019 01:47
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32127

Actions (login required)

View Item View Item