Upaya Guru menggunakan metode tanya jawab dalam meningkatkan pembelajaran Al-Qur'an Hadits di Madrasah Diniyah Miftahul Ulum (Ibnu Husain)

Hamdan, Hamdan (2010) Upaya Guru menggunakan metode tanya jawab dalam meningkatkan pembelajaran Al-Qur'an Hadits di Madrasah Diniyah Miftahul Ulum (Ibnu Husain). Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hamdan_D51206387.pdf

Download (6MB)

Abstract

Metode merupakan salah satu satu unsur yang diperlukan dalam mencapai tujuan pembelajaran pendidikan agama Islam dan banyak sekali variasi yang bisa diterapkan guru guna untuk mencapai tujuan pembelajaran Al-Qur'an Hadits. Adapun salah satu metode yang dapat digunakan oleh guru dengan metode tanya jawab, dengan penggunaan metode tanya jawab dalam pembelajaran Al-Qur'an Hadits diharapkan dapat meningkatkan pembelajaran. Karena metode tanya jawab ini merupakan metode yang tidak hanya komunikasi satu arah akan tetapi bisa dua ataupun tiga arah. Di samping itu, metode ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir dan siswa tidak hanya menjadi pendengar saja akan tetapi mereka ikut aktif di dalamnya. Dan mengigat betapa pentingnya penggunaan metode dalam kegiatan belajar mengajar khususnya untuk mencapai tujuan pembelajaran maka penulis tertarik untuk membahas tentang "Upaya Guru Menggunakan Metode Tanya Jawab Dalam Meningkatkan pebelajaran al-Qur'an Hadits di Madrasah Diniyah Miftahul Ulum (Ibnu Husain)". Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Tujuan dan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode tanya jawab di Madrasah Diniyah Miftahul Ulum (Ibnu Husain), untuk mendeskripsikan upaya guru dalam mengefektifkan pembelajaran Al-Qur'an Hadits melalui metode tanya jawab, selain itu untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat peningkatan pembelajaran Al-Qur'an Hadits melalui metode tanya jawab di Madrasah Diniyah Miftahul Ulum (Ibnu Husain). Dalam penelitian ini peneliti menggunakan sampel penelitian yaitu guru Al-Qur'an Hadits, 39 siswa-siswi yang terdiri dan i kelas V dan VI. Penelitian ini menggunakan purpose sampling (sampel yang berdasarkan pertimbangan dan tujuan tertentu), sedangkan untuk pengumpulan data, peneliti menggunakan observasi, interview dan dokumentasi. Kemudian data yang telah terkumpul dianalisa dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Adapun hasil penelitian menunjulckan bahwa Upaya Guru Menggunakan Metode Tanya Jawab Dalam Meningkatkan pebelajaran al-Qur'an Hadits sudah terlaksanakan, serta penggunaan metode tanya jawab memberikan pengaruh atau peran dalam meningkatkan pembelajaran al-Qur'an Hadits baik itu bagi guru dan siswa.

Email: digilib@uinsby.ac.id
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Bakar, M. Yunus
Uncontrolled Keywords: Guru; Metode Tanya Jawab
Subjects: Guru
Metode Pembelajaran
Pendidikan > Peran Guru
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Supriyatno Hary
Date Deposited: 12 Jun 2019 04:23
Last Modified: 12 Jun 2019 04:23
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32119

Actions (login required)

View Item View Item