Pengaruh implementasi model Project Based Learning (pembelajaran berbasis proyek) terhadap peningkatan motivasi belgjar siswa pada materi Fiqih di kelas XI MAK Nurul Jadid Paiton Probolinggo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ahmad, Faridah (2010) Pengaruh implementasi model Project Based Learning (pembelajaran berbasis proyek) terhadap peningkatan motivasi belgjar siswa pada materi Fiqih di kelas XI MAK Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Faridah Ahmad_D31206012.pdf

Download (2MB)

Abstract

Model Project Based Learning (Pembelajaran Berbasis Proyek) merupakan model pembelajaran yang menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan, mengintegrasikan pengetahuan barn berdasarkan pengalamarmya dalam beraktivitas secara nyata. Kemudian masalah tersebut dipecahkan secara berkelompok. Dan dalam pembelajaran ini siswa mampu menemukan sendiri penyelesaian dari produk/tugas yang diberikan. Model Project Based Learning (Pembelajaran Berbasis Proyek) terutama dikembangkan untuk membantu siswa mengembangkan keterampilan berpikir, keterampilan memecahkan masalah dalam penugasan (proyek) belajar peranan orang dewasa melalui pelibatan mereka dalam pengalaman nyata atau simulasi, dan menjadi pembelajar yang otonom dan mandiri serta bisa meningkatkan motivasi belajar mereka Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui bagaimana implementasi model Project Based Learning (Pembelajaran Berbasis Proyek) pada materi Fiqih. 2. Untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar siswa 3. Untuk mengetahui bagaimana pengaruh implementasi model Project Based Learning (Pembelajaran Berbasis Proyek) terhadap peningkatan motivasi belajar siswa pada materi Fiqih Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif sehingga data yang digunakan adalah data kuantitatif. Teknik sampling dalam penelitian ini yaitu sample siswa kelas XI yang berjumlah 40 siswa. Metode yang dipakai dalam pengumpulan data diantaranya adalah observasi, interview, angket serta dokumentasi. Setelah itu, dianalisis dengan teknik prosentase dan product moment dan basil yang didapatkan adalah sebagai berikut : 1. Bahwa implementasi model Project Based Learning (Pembelajaran Berbasis Proyek) pada proses pembelajaran pada materi fiqih adalah tergolong baik, yakni melihat basil nilai implementasi model Project Based Learning (Pembelajaran Berbasis Proyek) yaitu senilai 76 %. 2. Bahwa motivasi belajar siswa adalah tergolong cukup atau sedang yakni dengan melihat hasil nilai 74,5 %. 3. Bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara implementasi model Project Based Learning (Pembelajaran Berbasis Proyek)terhadap peningkatan motivasi belajar SISWA pada materi Fiqih yakni dengan melihat basil dari rumus product moment yaitu 0,9076 yang telah dikonsultasikan dengan r tabel. Adapun saran penulis adalah hendaknya para guru lebih memalcsimalkan implementasi model Project Based Learning (Pembelajaran Berbasis Proyek) ini agar dapat tercapai tujuan yang dlinginkan yaitu mencetak generasi siswa yang mampu berpildr kritis dan kreatif serta memompa semangat belajarnya. Dan bagi siswa hendaknya lebih bersikap mendukung terhadap adanya model Project Based Learning (Pembelajaran Berbasis Proyek) yang diterapkan pada materi fiqih untuk menjadi tempat latihan berpikir kritis dan kreatif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ahmad, FaridahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Supriyatno Hary
Date Deposited: 12 Jun 2019 01:40
Last Modified: 12 Jun 2019 01:40
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32118

Actions (login required)

View Item View Item