Jaminan Fidusia sebagai Upaya Penyelesaian Murabahan Bermasalah di Bank Bukopin Syari'ah Surabaya dalam perspektif Hukum Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hadi, Abdul (2009) Jaminan Fidusia sebagai Upaya Penyelesaian Murabahan Bermasalah di Bank Bukopin Syari'ah Surabaya dalam perspektif Hukum Islam. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dwi Ryanti Kastrini_C03304030.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini adalah basil penelitian lapangan tentang "JAMINAN FIDUSIA SEBAGAI UPAYA PENYELESAIAN MURABAHAH BERMASALAH DI BANK BUKOPIN SYARI' AH SURABAYA DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM". Adapun masalah yang akan teliti yaitu tentang: I )bagaimana deskripsi tentang jaminan fidusia sebagai upaya penyelesaian murabahah bemasalah? 2) bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap jaminan fidusia sebagai upaya penyelesaian murabahah bermasalah?.Data-data yang diperoleh melalui wawancara dan studi dokumentasi kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif, dan kesimpulan diambil dengan menggunakan pola pikir deduktif. Adapun basil penelitian yang penulis dapatkan adalah bahwa deskripsi tentang jaminan fidusia sebagai upaya penyelesaian murabahah bermasalah di bank Bukopin syari'ah Surabaya adalah untuk memenuhi kebutuhan hidup /keinginan melakukan sesuatu para nasabah memerlukan dan yang cukup besar sehingga mereka melakukan pembiayaan di bank syari'ah dengan menempatkan ak suatu benda sebagai jaminan /agunan.Hal ini dilakukan oleh piak bank karena pihak bank khawatir jika para nasabah tidak mampu membayar hutang-hutangnya, maka benda dari hak yang clijadikan jaminan akan diambil oleh pihak bank dan akan clilelang tanpa adanya kesepakatan lagi. Menurut hukwn Islam jaminan fidusia ini boleh dan sah karena jaminan fidusia sebagai penyelesaian murabahah bermasalah sudah memenuhi syarat -syarat jaminan. walaupun yang clijaclikan jaminan bukan benda secara fisiknya tetapi hanya haknya saja sebab jaminan fidusia ini berasal dari gadai mak penyelesaian masalah ini memuat landasan hukum gadai. Sejalan dengan kesimpulan diatas maka kepada pihak -pihak yang berwenang mengatasi masalah jaminan fidusia ini agar segera membuat landasan hukwn yang lebih sempurna bagi pengguna lembaga jaminan fidusia ini dan segera membuat lembaga asuransi untuk barang -barang yang haknya dijadikan sebagai jaminan fidusia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hadi, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bank Islam
Murabahah
Keywords: Jaminan Fidusia; Murabahah; Bank Bukopin Surabaya; Pembiayaan; Gadai
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Jun 2019 07:13
Last Modified: 11 Jun 2019 07:13
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32107

Actions (login required)

View Item View Item