Analisis Hukum Islam terhadap Produk Rahn Investasi (Gadai Investasi) di PT Bank BNI Syariah kantor Cabang Syariah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Meita Swavidiana (2011) Analisis Hukum Islam terhadap Produk Rahn Investasi (Gadai Investasi) di PT Bank BNI Syariah kantor Cabang Syariah Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Meita Swavi Diana Sari_C02207080.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yane berjudul "Analisis Hukum Islam terhadap produk Rahn Investasi (gadai investasi) di PT. Bank BNI Syariah Kantor Cabang Syariah Surabaya", ini adalah hasil penelitian lapangan untuk menjawab pertanyaan bagaimanakah produk rahn investasi (gadai investasi) di PT. Bank BNI Syariah Kantor Cabang Syariah Surabaya? dan bagaimanakah analisis hukurn Islam terhadap terapan produk rahn investasi (gadai investasi) di PT. Bank BNI Syariah Kantor Cabang Syariah Surabaya?. Data penelitian dihasilkan dengan teknik interview dan telaah pustaka atau dokumenter. Selanjutnya dianalisis secara deskriptif analisis ve1ifikatif, yakni mendeskripsikan data yang diperoleh tantang produk. rahn investasi di PT. Bank BNI Syariah Kantor Cabang Syariah Surabaya yang bersifat umum kemudian dianalisis dengan hukum Islam. Setelah itu kesimpulannya diambil melalui pola pikir deduktiĀ£ Produk rahn investasi (gadai investasi) yang diluncurkan oleh PT. Bank BNI Syariah Kantor Cabang Syariah Surabaya menggunakan 3 akad yang merupakan rangkaian yang tidak terpisahkan. Pertama, pemberian pinjaman (uang) oleh bank untuk pembelian emas logam mulia menggunakan akad qar(/, kedua, penyerahan jaminan logam mulia sebagai pembayaran pinjaman pada akad pertama yang menggunakan akad rahn, dan ketiga berupa penitipan logam mulia yang dijaminkan dengan ketentuan nasabah berkewajiban membayar sewa tempat dengan akad ijirah. Ketiga akad tersebut bukanlah transaksi yang menyebabkan ketidakpastian yang masuk kategori garir karena tiap akad telah memenuhi rukun dan syarat serta adanya kejelasan diantara ketiganya. Adapun berkenaan dengan ketidakjelasan atau ketidakpastian besarnya return dari investasi emas yang dilakukan nasabah dikarenakan terjadinya fluktuasi harga emas di pasaran bukan merupakan penyimpangan yang masuk kategori garir atau kegiatan spekulasi yang dilarang dalam Islam, karena hal itu merupakan konsekuensi dari suatu investasi. Selain itu, pada rahn investasi tidak ditemukan ciri-ciri dari kagiatan spekulasi, yaitu tidak adanya manipulasi dan pemanfaatan infonnasi yang simpang siur oleh para pihak. Dengan adanya kejelasan pada masing-masing akad yang sesuai hukum Islam dan tidak adanya unsur spekulasi, maka produk rahn investasi (gadai invetasi) yang terdapat di PT. Bank BNI Syariah Kantor Cabang Syariah Surabaya telah sudah dilakukan.Sejalan dengan penelitian ini, bagi para pelaku perbankan khususnya para nasabah dan pihak bank, hendaknya melakukan semua kegiatan perekonomian tetap berpijak kepada prinsip-prinsip ekonomi Islam, undang-undang yang berlaku dan berdasarkan pada kemaslahatan serta tolong menolong. Bagi pimpinan Dewan Syariah Nasional atau lembaga yang berkompeten dalamnya hendaknya mcmberikan perat uran tersendiri secara khusus berkenaan dengan produk rahn invcstasi ini, schingga produk tersebut mempunyai dasar hukum yang kuat dan tidak t umpang tindih dengan produk gadai emas biasa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Meita SwavidianaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bank Islam
Gadai
Hukum Islam
Keywords: Rahn; Gadai; Investasi; Bank BNI Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Jun 2019 03:43
Last Modified: 11 Jun 2019 03:43
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32103

Actions (login required)

View Item View Item