Persepsi Masyarakat Desa Brangkal Kecamatan Balongpanggang Kab. Gresik tentang Peminjaman Dana Pembangunan Masjid Mubarokatul Ijtihad dalam Perspektif Hukum Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amaluddin, Chusni (2010) Persepsi Masyarakat Desa Brangkal Kecamatan Balongpanggang Kab. Gresik tentang Peminjaman Dana Pembangunan Masjid Mubarokatul Ijtihad dalam Perspektif Hukum Islam. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Chusni Amaludin_C02206076.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasiJ peneJitiaan Japangan di Desa BrangkaJ Kee. Balongpanggang Kah. Gresik dengan judul "Persepsi Masyarakat Desa Brangkal Kee. Balongpanggang Kah. Gresik Tentang Peminjaman Dana Pemhangunan Masjid Mubarokatul Ijtihad •da1am Persepktif Hukum Islam". masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah :1. Bagaimana perseepsi masyarakat tentang peminjaman dana pembangunan Masjid Muharokatul Ijtihad?. 2. Bagaimana perspektif hukum Islam terhadap persepsi masyarakat tentang peminjaman dana pemhangunan Masjid Muharokatul Ijtihad?.Metode pengumpulan data dilakukan dengan eara ohservasi, penyeharan angket dan wawancara (interview) secara langsung untuk memperdalam data, serta studi dokumenter dari Jokasi penelitian di Desa Brangkal Kec. Balongpanggang Kab. Gresik Adapun pola pikir yang digunakan adalah logika deduktif yaitu menganalisis data yang diamhil dari ketentuan hukum Islam tentang utang piutang yang bersifat umurii dan tentang zakat yang diproduktifkan, kemudian ditank suatu kesimpulan untuk mendapatkan data yang bersifat khusus tentang persepsi masyarakat tentang peminjaman dana pembangunan Masjid Muharokatul ijtihad di Desa Brangkal. Hasil penelitian yang diperoleh adalah persepsi masyarakat di Desa Brangkal tentang pinjaman dana pembangunan Masjid Muharokatul Ijtihad 81 % membolehkan dan 19 % tidak tahu. Transaksi yang dilakukan padaa saat peminjaman tidak disertai saksi, hal ini dilarang menurut hukum Islam karena bertentangan dengan ketentuan dalam Al-Qur' an surat Al-Baqarah 282 "dan persaksikanlah dengan dua orang saksi dari orang-orang Lelaki (di antaramu). Jika tak ada dua orang lelaki, Maka (boleh) seorang lelaki dan dua orang perempuan dari saksi-saksi yang kamu ridhai. ".Berdasai-kan kesimpulan diat as maka disarankan, hendaknya penelitian dan kajian ini disempurnakan secara komprehensif (menyeluruh), khususnya pada segi analisis hukumnya. Sehingga lebih dari itu, sebagai tinadak lanjut (Follow Up)dan hasil penelitian tersehut disebarluaskan kepada masyarakat Islam, khususnya masyarakat Desa Brangkal Kec. Balongpanggang Kab. Gresik. Sehingga dalam melakukan kegiatan muamalah terutama peminjaman dana agar berpedoman pada peraturan-peraturan yang sudah dijelaskan dalam Al-qur'an dan Q.adi . Bagi peniliti­ peneliti selanjutnya diharapkan hisa lebih fokus pada pennasalahan-permasalahan yang terjadi di masyarakat, karena hal ini juga merupakan suatu sarana untuk berdakwah dan memberikan semacam pencerahan kepada masyarakat khususnya dalam masalah-masalah seputar hukum Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amaluddin, ChusniUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Utang Piutang
Uncontrolled Keywords: pinjam dana masjid; pinjam meminjam; Utang Piutang
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Jun 2019 02:02
Last Modified: 11 Jun 2019 02:02
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32098

Actions (login required)

View Item View Item