Analisis Pandangan TOkoh Agama Terhadap Jual Beli Kacang Tanah yang Masih Terpendam dengan Sistem Borongan di Desa Mayangan Kabupaten Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Novianti, Dian (2010) Analisis Pandangan TOkoh Agama Terhadap Jual Beli Kacang Tanah yang Masih Terpendam dengan Sistem Borongan di Desa Mayangan Kabupaten Jombang. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dian Novianti_C02205070.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul Analisis Pandangan Tokoh Agama terhadap Jual Beli Kacang Tanah yang Terpendam Dengan Sistem Borongan di Desa Mayangan Kabupaten Jombang ini merupakan hasil penelitian lapangan yang berusaha mendeskripsikan tentang "pandangan tokoh agama Islam tentang jual beli tersebut". Judul ini untuk menjawab rumusan masalah: bagaimana pandangan tokoh agama Islam terhadap jual beli kacang tanah yang terpendam dengan sistem borongan di Desa Mayangan Kecamatan Jogoroto Kabupaten Jombang, bagaimana analisis hukum Islam terhadap pandangan tokoh agama terhadap jaul beli tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis, yaitu suatu metode yang memberikan gambaran dan memberikan analisa terhadap pandangan tokoh agama setempat terhadap praktek jual beli kacang tanah yang terpendam di Desa Mayangan kabupaten Jombang. Kemudian dalam menjelaskannya menggunakan pola pikir logika deduktif, yaitu menganalisis data yang bersifat khusus yang berkaitan dengan pandangan tokoh agama yang berakibat umum untuk memperoleh kesimpulan. Melalui pembahasan dapat disimpulkan menurut para tokoh agama Islam Desa Mayangan ada yang menyatakan tidak boleh dan ada yang menyatakan boleh. Dari dua pendapat diatas maka dapat dianalisis bahwa pendapat yang tidak memperbolehkan lebih sesuai, karena tidak terpenuhi rukun dan syarat jual beli. Sejalan dengan kesimpulan diatas diharapkan bagi masyarakat desa Mayangan sebaiknya dalam bertransaksi jual beli harus mengikuti aturan hukum Islam agar tidak bertentangan dengan norma yang ada.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Novianti, DianUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Jual Beli
Keywords: Jual Beli; rukun jual beli; syarat jual beli; beli borongan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Jun 2019 00:33
Last Modified: 11 Jun 2019 00:33
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32092

Actions (login required)

View Item View Item