Analisis hukum Islam tentang ketentuan dan praktek pemberian Poin Semen Gresik dari Langganan Tetap (LT) dalam pemberian Poin di UD. REJO Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Efendi, Mochammad Ali (2010) Analisis hukum Islam tentang ketentuan dan praktek pemberian Poin Semen Gresik dari Langganan Tetap (LT) dalam pemberian Poin di UD. REJO Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mochammad Ali Efendi_C02205141.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan penelitian lapangan (field research) di UD. Rejo Surabaya. Skripsi ini bertujuan untuk menjelaskan dan menjawab pertanyaan: (1) bagaimana ketentuan pemberian poin semen gresik di UD. Rejo Surabaya, (2) bagaimana praktek pemberian poin di UD, Rejo, (3) bagaimana analisis hukum Islam tentang ketentuan dan praktek pemberian poin di UD. Rejo Surabaya. Skripsi ini mcrupakan hasil penelitian lapangan (field research) di UD. Rejo Surabaya dengan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan wawancara dan studi dokumen. Selanjutnya data yang berhasil di kumpulkan dianalisis dengan teknik deskriptif analisis yaitu metode yang diawali dengan menjelaskan atau menggambarkan data hasil penelitian, yaitu data tentang ketentuan dan praktek pemberian poin semen gresik di UD. Rejo Surabaya. Selanjutnya data tersebut akan dianalisis dalam hukum Islam. Hasil penelitian menyimpulkan pemberian poin semen gresik di UD. Rejo yaitu tentang ketentuan dari pemberian poin hadiah semen Gresik dari hasil temuan yang ada banyaknya toko-toko yang meminta hasil poin yang didapat selama satu bulan tetapi pada kenyataanya banyak yang tidak menaati apa yang ada dalam syarat ketentuan pemberian poin hadiah seperti pcmberian poin diberikan sebelum konsumcn (toko) memcnuhi target pemberian poin, dan target tersebut diteruskan setelah mendapatkan hadiah, tetapi para toko tidak bekerjasama dalam memenuhi perjanjian yang sudah disepakati untuk menambah hasil penjualan dibulan bcrikutnya untuk mcnutupi atas kckurangan dari hasil poin yang diperoleh. Adapun hukum Islam mcngenai ketentuan praktek pemberian poin hadiah dari Langganan Tetap kepada Toko di UD. Rejo Surabaya adanya penyimpangan dari perjanjian didalam pcmbcrian poin hadiah kepada Toko yang telah dijelaskan di atas, karcna tidak sesuai dengan ketentuan perjanjian kerjasama dalam pemberian hadiah tersebut. Dengan demikian penulis menyimpulkan bahwa Toko tersebut tidak memenuhi ketentuan perjanjian sebagaimana dalam ketentuan pemberian hadiah yang telah ditentukan oleb perusabaan Semen Gresik sebagai pihak pertama yang memberikan hadiah atas poin-poin yang dikumpulkan oleh Toko-toko yang menjualkan barangnya. Dari kesimpulan di atas, pcnulis mcnyarankan kepada pihak yang melakukan akad kerjasama seharusnya mentaati apa yang sudah ditetapkan dalam perjanjian.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Efendi, Mochammad Ali--UNSPECIFIED
Subjects: Konsumen
Keywords: Pemberian Poin; Semen Gresik; Langganan Tetap
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 10 Jun 2019 07:31
Last Modified: 10 Jun 2019 07:31
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32086

Actions (login required)

View Item View Item