Hak atas hadiah yang tidak diberikan kepada pembelinya dalam perspektif hukum Islam: studi kasus di Toko Berkatama Jaya Desa Sembungan Kidul Kec. Dukun Kab. Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hamidi, Moh. Husni (2010) Hak atas hadiah yang tidak diberikan kepada pembelinya dalam perspektif hukum Islam: studi kasus di Toko Berkatama Jaya Desa Sembungan Kidul Kec. Dukun Kab. Gresik. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moh. Husni Hamidi_C02205097.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini dilakukan untuk menjawab Mengapa hadiah produk tertentu tidak diberikan kepada pembelinya Di Toko Berkatama Jaya Di Desa Sembungan Kidul Kec. Dukun kab. Gresik Dan Bagaimana perpektif Hukum Islam terhadap hak atas hadiah produk yang tidak diberikan kepada pembelinya Di Toko Berkatama Jaya Di Desa Sembungan Kidul Kec. Dukun Kab. Gresik. Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan (field research), dengan teknik pengumpulan data; wawancara, observasi dan kepustakaan. Selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif analisis yaitu menggambarkan tentang hadiah yang tidak diberikan kepada pembelinya di Toko Berkatama Jaya di Desa Sembungan Kidul Kec. Dukun Kab. Gresik. Selanjutnya data tersebut akan dianalisis dalam perspektif hukum Islam. Hasil penelitian yang diperoleh adalah; pemilik toko tidak memberikan hadiah produk tertentu kepada pembelinya Karena tidak ada kejelasan informasi bahwa barang yang dibeli berhadiah dan dari sistem informasinya dalam kemasannya tidak ada, dan karena pemilik toko membeli produk yang berhadiah dari distributor dengan harga yang sedikit lebih mahal dari pada harga biasanya dia beli karena itu pemilik toko menjual produk yang berhadiah dengan harga seperti biasa dia jual dengan konsekuensi pemilik toko tidak memberikan hadiah yang ada pada produk yang dibeli oleh pembeli. Kemudian Pelaksanaan pemberian hadiah yang tidak diberikan oleh pemilik toko terhadap pembelinya di Toko Berkatama Jaya Desa Sembungan Kidul Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik telah sesuai dengan syari'ah. Karena pada dasarnya hadiah yang tidak diberikan tersebut adalah hak yang mutlak bagi penjual, karena itu hadiah adalah hak penjual untuk memberikan atau tidak memberikan hadiah tersebut pada pembeli. Namun unt uk mencapai kemaslahatan maka seharusnya hadiah tersebut diberikan dan mengambil keuntungan yang lebih sedikit, agar pembeli tidak pergi dan dapat mencapai kemaslahatan untuk kedua belah pihak. Berdasarkan kesimpulan diatas, Secara teoritis dari basil penelitian secara keseluruhan, hendaknya penelitian dan kajian ini disempurnakan secara lebih komprehensif (menyeluruh), khususnya pada segi analisis hukumnya. Dan lebih dari itu, diharapkan penelitian ini dapat bennanfaat dan dapat dibaca oleh masyarakat. Kepada pemilik toko hendaknya menjual barang dan melakukan prinsip sesuai dengan syari'ah dan memberikan infonnasi yang sebenarnya terhadap barang yang dijual dan memberikan hadiah kepada pembelinya. Bagi para pembeli hendaknya rnembeli barang dengan jeli dan menanyakan infonnasi yang sedetail-detailnya terhadap barang yang akan dibeli dan konsumsi tersebut agar tidak tertipu dan tidak terampas haknya untuk mendapatkan sesuatu dari sistern pembeliannya itu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hamidi, Moh. Husni--UNSPECIFIED
Subjects: Jual Beli
Konsumen
Keywords: Hak konsumen; hadiah; pembeli
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 31 May 2019 07:56
Last Modified: 31 May 2019 07:56
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32082

Actions (login required)

View Item View Item