Pengaruh variasi metode terhadap peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits di SMP Al-Wachid Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afro', Laila (2011) Pengaruh variasi metode terhadap peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits di SMP Al-Wachid Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel.

[img] Text
Laila Afro'_D54207021.pdf

Download (3MB)

Abstract

Variasi Metode adalah cara-cara yang diterapkan untuk mengadakan interaksi belajar mengajar dalam rangka mencapai tujuan pengajaran dengan beberapa bentuk/macam variasi yang berbeda dan tidak terpaku pada satu cam semata. Variasi Metode yang dimaksud dalam penelitian ini adalah metode ceramah, tanya jawab, diskusi dan penugasan dalam pengajaran Al-Qur'an Hadits. Penerapan variasi metode yang baik dan tepat akan mampu meningkatkan prestasi belajar siswa. Prestasi belajar adalah hasil pengetahuan, keterampilan dan sikap yang diperoleh siswa selama mengikuti pembelajaran yang dinyatakan dalam bentuk angka atau huruf. Prestasi belajar dapat ditingkatkan melalui berbagai cara pendekatan pembelajaran dan salah satunya adalah dengan penerapan metode pengajaran yang bervariasi; yang salah satu kelebihatmya adalah dapat mengurangi tingkat kebosanan sehingga mampu memberikan suntikan motivasi siswa untuk belajar lebih giat dan sungguh-sungguh. Penelitian dalam skripsi ini mengangkat pennasalahan tentang bagaimana pengaruh variasi metode terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur'an hadits di SMP Al- Wachid Surabaya. Untuk mencapai tujuan penelitian dilakukan penelitian lapangan dengan menggunakan metode populasi, yaitu siswa SMP Al-Wachid Surabaya kelas 7A sampai 7E yang berjumlah sebanyak 219 siswa dan karena berbagai pertimbangan diambil sampel hanya kelas 7D dan 7E saja sebanyak 87 siswa. Pengumpulan data diperoleh dari observasi, interview, angket dan dokumentasi. Untuk mengetahui tingkat tinggi rendahnya pengaruh pernyataan pada tabel diatas, maka analisis chi kuadrat (X2) dianalisis lagi dengan menggunakan rumus Koefisien Kontingensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan metode pengajaran yang bervariasi terhadap prestasi belajar siswa di SMP Al-Wachid Surabaya sangat membawa pengaruh yang positif bagi anak didiknya dan dikategorikan cukup baik dalam memenuhi tujuan pembelajaran. Ini ditunjukkan dari hasil perhitungan Koefisien Kontigensi (KK) = 0,335 dan dari perhitungan Chi Kwadrat yang diuji pula signifikansinya dengan menentukan harga kritik 5% maka diperoleh X2hit > X2tabel/kritik yaitu 12,54980> 9,49. Hal ini berarti hipotesis nol (Ho) ditolak, sehingga dengan demikian terdapat asosiasi yang signifikan antara jenis penggunaan metode yang bervariasi dengan prestasi belajar yang dihasilkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afro', LailaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Pendidikan > Prestasi Belajar
Pendidikan > Metode
Al Qur'an
Uncontrolled Keywords: Variasi Metode
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Supriyatno Hary
Date Deposited: 31 May 2019 03:51
Last Modified: 31 May 2019 03:51
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32078

Actions (login required)

View Item View Item