Peningkatan ketuntasan belajar siswa pada materi haji mata pelajaran Fikih kelas V melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di MI Darul Hikmah Sedati Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hikmiyah, Jazilatul (2011) Peningkatan ketuntasan belajar siswa pada materi haji mata pelajaran Fikih kelas V melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di MI Darul Hikmah Sedati Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAINSunan Ampel.

[img] Text
Jazilatul Hikmiyah_D06207014.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keinginan untuk dapat menyerap materi pelajaran Fikih dengan balk agar siswa dapat melaksanakan ajaran agama Islam dengan baik. Maka dari perihal tersebut dibutuhkan suatu model pembelajaran yang dapat membantu siswa untuk mendapatkan pengetahuan serta pemahaman ilmu Fikih dengan cara yang mudah. Salah satu alternatif yang bisa ditempuh untuk memenuhi kebutuhan tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Dengan model pembelajaran ini, maka siswa dibantu untuk dapat lebih mudah memahami materi, dapat berkooperatif dapat lebih aktif balk dalam berdiskusi maupun dalam menjawab pertanyaan — pertanyaan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di MI Darul Hikmah Sedati Sidoarjo, sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V. penelitian ini dilakukan dengan dua siklus. Mengenai teknik atau metode pengumpulan data, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, tes basil belajar dan dokumentasi. Selanjutnya, data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pertama, model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw balk bila diterapkan pada mata pelajaran Fikih, hal ini terbukti dari basil observasi aktivitas siswa dimana aktivitas siswa pada siklus I cukup balk dan meningkat pada siklus II yaitu balk. Kedua, ketuntasan belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw path materi haji mata pelajaran Filcih di kelas V MI Darul Hikmah Sedati Sidoarjo dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat dari prosentase ketuntasannya path siklus I yaitu 48,39% meningkat menjadi 90,32% pada siklus II. Ketiga, dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa kelas V pada materi haji mata pelajaran Fikih, hal ini terbukti berdasarkan hasil tes belajar yang dicapai siswa sebelum diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw mempunyai rata — rata kelas 55,45 kemudian setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw meningkat menjadi 60,00 di siklus I dan 79,55 di siklus II.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hikmiyah, JazilatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Materi
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Kooperatif Tipe Jigsaw
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr. Supriyatno Hary
Date Deposited: 31 May 2019 01:34
Last Modified: 31 May 2019 01:34
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32077

Actions (login required)

View Item View Item