Peningkatan prestasi belajar siswa melalui penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing PKn Kelas III Di MI Darunnajah Sukodono

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muniroh, Siti (2011) Peningkatan prestasi belajar siswa melalui penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing PKn Kelas III Di MI Darunnajah Sukodono. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Muniroh_D0620701.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari latar belakang perlunya dilakukan perubahan untuk meningkatkan proses KBM antara guru dan siswa, siswa dan siswa, maupun siswa dengan lingkungannya. Dalam proses KBM, sering dijumpai guru selalu mendominasi kegiatan pembelajaran atau dikenal dengan dengan istilah "Teacher Centered". Guru disini berperan sebagai pemberi infonnasi sebanyak-banyaknya kepada siswa tanpa memberikan kesempatan bagi siswa untuk menemukan pemahamannya sendiri. Hal tersebut terjadi karena guru tidak mampu mengelola pembelajaran dengan baik. Sehingga akibat yang ditimbullkan dari rendahnya kemampuan guru dalam mengelola proses KBM adalah tidak adanya peningkatan prestasi belajar siswa. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, melalui penelitian ini diharapkan dapat memperbaiki kualitas kinerja guru dan siswa dalam proses KBM serta dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian tindakan kelas tennasuk penelitian kualitatif meskipun data yang dikumpulkan bisa saja bersifat kuantitatif, dimana uraiannya bersifat deskriptif dalam bentuk kata-kata. Data yang diperoleh berdasarkan pada basil tes dan juga hasil observasi melalui dua tahapan siklus penelitian tindakan kelas. Untuk meningkatkan prestasi belajar siswa PKn kelas III maka dilakukan PTK dengan menggunakan penerapan model pembelajaran Snowball Throwing. Penelitian ini dilakukan di MI Darunnajah Sukodono dengan 2 siklus. Pada siklus pertama sebagian siswa belum terbiasa dengan kondisi belajar melalui penerapan model pembelajaran Snowball Throwing sehingga dilakukan tindakan dengan memberikan penjelasan kepada siswa tentang langkah-langkah pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing. Di sisi lain guru juga belum maksimal dalam mengimplementasikan model pembelajaran Snowball Throwing. Dalam siklus kedua siswa dan guru sudah mulai memahami implementasi model pembelajaran Snowball Throwing dan basil menunjukkan sangat baik. Dari basil observasi aktivitas guru meningkat dari 64,70% (Siklus I) menjadi 91,17% (Siklus II), selain itu basil observasi siswa menunjukkan peningkatan rata-rata dari 65,76 (Siklus I) menjadi 87,92 (Siklus II). Sementara evaluasi basil belajar siswa berdasarkan pada LKS pada dua siklus menunjukkan rata-rata 65 (Siklus I) meningkat menjadi 88,27 (Siklus II). Sedangkan untuk ketuntasan belajar siswa menunjukkan peningkatan dari 59,45% (siklus I) meningkat menjadi 91,89% (Siklus II). Dari basil PTK untuk siklus pertama dan kedua dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan prestasi belajar siswa PKn kelas III di MI Darunnajah Sukodono.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muniroh, Siti--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Prestasi Belajar
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar Siswa; Model Pembelajaran Snowball Throwing; PKn
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 29 May 2019 04:03
Last Modified: 29 May 2019 04:03
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32074

Actions (login required)

View Item View Item