Pengaruh implementasi model pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Team Achievement Divison) terhadap tingkat motivasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP 6 Negeri Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muklasin, Mochamad (2011) Pengaruh implementasi model pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Team Achievement Divison) terhadap tingkat motivasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP 6 Negeri Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel.

[img] Text
Mochamad Muklasin_D01206173.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keberadaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) yang menjadi model pembelajaran paling sederhana dibandingkan dengan model pembelajaran yang lainya. model Pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) dapat meningkatkan daya ingat siswa melalui kuis, sehingga dapat menarik minat serta motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran. Untuk mengetahui beberapa permasalahan yang terdapat dalam penelitian, maka dirumuskan beberapa permasalahan antara lain: (1) Bagaimana implementasi Pembelajaran kooperatif (cooperatif learning) tipe STAD (Student Team Achievement Division) di kelas VIII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 6 Surabaya? (2) Bagaimana Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Dengan Diterapkan Pembelajaran Kooperatif (cooperatif learning) Tipe STAD (Student Team Achievement Division) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 6 Surabaya? (3) Adakah pengaruh implementasi Pembelajaran Kooperatif (cooperatif learning) Tipe STAD (Student Team Achievement Division) terhadap tingkat Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 6 Surabaya? Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif sedangkan jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan. Untuk mendapatkan data penelitian digunakan metode observasi, kuesioner/angket dan dokumentasi. Dan untuk menganalisis angket adalah dengan prosentase, mean dan statistik yaitu dengan menggunakan product moment. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) implementasi pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas VIII pada mata pelajaran PAI di SMPN 6 Surabaya tergolong cukup baik. Hal tersebut terbukti dari hasil perhitungan angket yang bemilai 59,53%. (2) motivasi belajar siswa kelas VIII dengan diterapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran PA! di SMP Negeri 6 Surabaya tergolong cukup balk, hal tersebut terbukti dari hasil angket yang bernilai 57,5%. (3) pengaruh implementasi pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap tingkat motivasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran PAI di SMPN 6 Surabaya adalah berpengaruh secara signifikan. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil nilai "r" hitung (rxy = 0,566) lebih besar nilainya dari nilai "r" tabel (5 % = 0,320 dan 1% = 0,413). Dan kedua variabel tersebut metniliki hubungan yang cukup atau sedang, hal tersebut terbukti dengan melihat pada hasil nilai "r" hitung (rxy = 0,566) yang berada diantara 0,40 - 0,70 pada tabel interpretasi "r" product moment.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muklasin, MochamadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Motivasi Belajar
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Uncontrolled Keywords: Kooperatif Tipe Stad; Student Team Achievement Divison
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Supriyatno Hary
Date Deposited: 27 May 2019 07:01
Last Modified: 27 May 2019 07:01
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32059

Actions (login required)

View Item View Item