Penerapan metode Reciprocal Teaching untuk menuntaskan hasil belajar siswa pada pokok bahasan sistem persamaan limier dua variabel di SMP Zainuddin Waru

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wachidah, Maflachatul (2010) Penerapan metode Reciprocal Teaching untuk menuntaskan hasil belajar siswa pada pokok bahasan sistem persamaan limier dua variabel di SMP Zainuddin Waru. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel.

[img] Text
Maflachatul Wachidah_D04205020.pdf

Download (4MB)

Abstract

Secara umum proses pembelajaran di SMP Zainuddin Waru masih berlangsung satu arah saja yaitu sering menggunakan metoda ceramah. Akibatnya siswa cenderung pasif dalam pembelajaran, sehingga guru kurang bisa optimal mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang dijarkan. Pembelajaran seperti ini dapat menyebabkan minat siswa dalam belajar cenderung menurun, hasil belajar siswa menjadi rendah sehingga akhirnya menyebabkan ketuntasan belajar siswa tidak tercapai. Untuk itu perlu adanya pembelajaran yang berpusat pada siswa sehingga siswa terlibat aktif dalam pembelajaran, salah satunya adalah dengan menerapkan metode reciprocal teaching. Reciprocal teaching adalah suatu prosedur pembelajaran/ pendekatan yang dirancang untuk mengajari siswa 4 macam strategi pemahaman mandiri yaitu : merangkum, membuat pertanyaan, mengklarifikasi dan memprediksi. Dengan menerapkan metode reciprocal teaching diharapkan dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B SMP Zainuddin yang berjumlah 36 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes hasil belajar, dan lembar pengamatan aktivitas siswa selama penerapan metode reciprocal teaching. Berdasarkan analisis data penelitian diperoleh (1) ketuntasan belajar siswa, menunjukkan bahwa 26 siswa/ 72,22% telah tuntas, sedanglcan 10 siswa/ 27,78% tidak tuntas. Itu karena siswa kurang teliti dalam mengerjakan soal. (2) alctivitas siswa selama penerapan metode reciprocal teaching, alctivitas siswa dalam pembelajaran tergolong aktif. Hal ini menunjukkan pembelajaran dengan menerapkan metode reciprocal teaching dapat mengaktifican siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wachidah, MaflachatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Reciprocal Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr. Supriyatno Hary
Date Deposited: 24 May 2019 06:57
Last Modified: 24 May 2019 06:57
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32056

Actions (login required)

View Item View Item