Studi Komparatif antara persepsi dosen hukum perkawinan Islam laki-laki dan perempuan IAIN Sunan Ampel Surabaya tentang hak perempuan memilih pasangan hidup

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afkar, Chalimatus Sya'diyah Nailul (2011) Studi Komparatif antara persepsi dosen hukum perkawinan Islam laki-laki dan perempuan IAIN Sunan Ampel Surabaya tentang hak perempuan memilih pasangan hidup. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Chalimatus Sya'diyah Nailul Afkar_C01207093.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan; Bagaimana persepsi dosen Hukum Perkawinan Islam laki-laki Institut Agama Islam Sunan Ampel Surabaya tentang hak perempuan memilih pasangan hidup, bagaimana persepsi dosen Hukum Perkawinan Islam laki-laki Institut Agama Islam Sunan Ampel Surabaya tentang hak perempuan memilih pasangan hidup, serta bagaimana perbedaan dan persamaan antara persepsi dosen Hukum Perkawinan Islam laki-laki dan perempuan Institut Agama Islam Sunan Ampel Surabaya tentang hak perempuan memilih pasangan hidup. Sedangkan data yang penulis kumpulkan dalam penelitian yaitu dengan cara interview dan dokumentasi selanjutnya data tersebut dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian dalam menyebutkan bahwa hak perempuan memilih pasangan hidup menurut persepsi dosen Hukum Perkawinan Islam lnstitut Agama Islam Sunan Ampel Surabaya adalah bahwa perempuan mempunyai kebebasan dalam memilih pasangan hidup, akan tetapi kebebasan itu harus bersyarat, dimana anak perempuan harus berunding terlebih dahulu kepada ayahnya untuk menentukan pasangan hidup, begitu juga ayah mempunyai proses untuk menerima calon suaminya dengan tujuan untuk memahami kemauan anak perempuan. Maka dari itu, seorang ayah tidak mau anak perempuannya mendapatkan suami yang tidak sekufu. Harapan besar orang tua adalah agar pernikahan anaknya mampu mweujudkan keluarga yang sakinah, mawaddah, warahmah. Menurut analisis penelitian ini bahwa kawn perempuan jika memilih pasangan hidup hendaklah jangan sembarangan dan harus berunding kepada wali, ayah dan orang terdekatnya untuk menentukan pilihannya demi tujuan utama pemikahan untuk yang sakinah, mawaddah, warahmah. Memilih pasangan hidup haruslah sekufu. Sedangkan untuk ayah atau wali hendaklah agar tidak memaksa keinginannya terhadap anak perempuan untuk menikah. Begitu juga ayah mempunyai hak untuk menerima calon suaminya dengan tujuan untuk memahami kemauan anak perempuan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afkar, Chalimatus Sya'diyah Nailul--UNSPECIFIED
Subjects: Perkawinan
Uncontrolled Keywords: Persepsi dosen; hukum perkawinan Islam; hak perempuan; memilih pasangan hidup
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 23 May 2019 07:40
Last Modified: 23 May 2019 07:40
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32051

Actions (login required)

View Item View Item