Terapi zikir Rātib Al ʹAtṭ̣as dalam mereduksi stres pada penderita Hipertensi di Kelurahan Krembangan Utara Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Albaar, Ragwan (2019) Terapi zikir Rātib Al ʹAtṭ̣as dalam mereduksi stres pada penderita Hipertensi di Kelurahan Krembangan Utara Surabaya. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
RagwanAlbaar_F04510043.pdf

Download (7MB)

Abstract

Modernisasi mengakibatkan terjadinya perubahan pola dan gaya hidup di kalangan masyarakat, seperti kebiasaan makan berlebihan, terlalu padat aktivitas, dan kurang istirahat. Hal ini dapat menyebabkan terserang berbagai macam penyakit, diantaranya hipertensi. Stres merupakan salah satu faktor terjadinya komplikasi hipertensi. Karena ketika seseorang mengalami stres maka tubuh akan memproduksi hormon yang dapat meningkatkan tekanan darah. Untuk mereduksi stres pada penderita hipertensi digunakan terapi zikir Rātib al-‘Atṭạ̄ s. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah: Adakah perbedaan tingkat stres pada penderita hipertensi antara sebelum diberikan terapi zikir Rātib al-‘Atṭās dengan sesudah diberikan terapi zikir Rātib al-‘Atṭās pada kelompok eksperimen, adakah perbedaan tingkat stres pada penderita hipertensi antara kelompok eksperimen yang diberikan terapi zikir Rātib al-‘Atṭās dengan kelompok kontrol yang tidak diberikan terapi zikir Rātib al-‘Atṭạ̄ s di Kelurahan. Krembangan Utara Surabaya? Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi exsperiment pretest-posttest group control design. Subyek penelitian terdiri dari 22 orang penderita hipertensi yang stres, dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan menggunakan teknik purposive sampling yang disesuaikan dengan tujuan penelitian. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah Perceived Stress Scale (PSS), yang dikembangkan oleh Sheldon Cohen. Analisis data menggunakan teknik non-parametrik Wilcoxon sign rank test. Hasil analisa menunjukkan bahwa, terapi zikir Rātib al-‘Atṭās efektif mereduksi stres pada penderita hipertensi, diperoleh taraf signifikansi sebesar 0,003 < 0,05. Kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini bahwa terdapat perbedaan tingkat stres pada penderita hipertensi antara sebelum dan sesudah diberikan treatment pada kelompok eksperimen, dan antara kelompok kontrol yang tidak diberikan treatment.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Albaar, Ragwanragwanalbaar@uinsby.ac.idF04510043
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorAziz, Moh. Alimalzis@yahoo.comUNSPECIFIED
Thesis advisorAsiyah, Siti Nurnurays72@yahoo.co.idUNSPECIFIED
Subjects: Psikologi Islam
Tasawuf
Terapi
Uncontrolled Keywords: Terapi zikir Rātib al-Aṭṭās; Stres; Hipertensi
Divisions: Program Doktor > Dirasah Islamiyah
Depositing User: Albaar Ragwan
Date Deposited: 05 Aug 2019 03:57
Last Modified: 05 Aug 2019 03:57
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32005

Actions (login required)

View Item View Item