Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada sub pokok bahasan jajargenjang dan belah ketupat di kelas VII SMP Bina Bangsa Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Shobahah, Nur (2010) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada sub pokok bahasan jajargenjang dan belah ketupat di kelas VII SMP Bina Bangsa Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel.

[img] Text
Nurus Shobahah_D01206080.pdf

Download (22MB)

Abstract

Banyaknya siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami materi tentang geometri khususnya pada bangun datar jajargenjang dan belah ketupat serta kurangnya partisipasi siswa dalam proses pembelajaran yang pada akhirnya berdampak pada kurangnya hasil belajar matematika melatarbelakangi perlunya diadakan penelitian tindakan kelas di SMP Bina Bangsa Surabaya. Pembelajaran berpusat pada siswa memunculkan berbagai model pembelajaran agar diperoleh pembelajaran yang bermakna bagi siswa. Tidak terkecuali matematika yang pada dasarnya merupakan ilmu abstrak, dengan pembelajaran yang menuntut keaktifan siswa diharapkan dapat meningkatkan kealctifan dan hasil belajar siswa. Dalam penelitian ini akan diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan kontekstual (CTL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada sub pokok bahasan jajargenjang dan belah ketupat. Diharapkan dengan adanya penelitian ini siswa dapat lebih aktif dalam proses pembelajaran dan siswa tidak terlalu banyak menunggu sajian guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas siswa, keterampilan kooperatif siswa, respon siswa terhadap pembelajaran serta peningkatan hasil belajar siswa. Sedangkan subjek penelitian ini adalah kelas VII SMP Bina Bangsa Surabaya yang terdiri dari 24 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing terdiri dari beberapa tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Tindakan siklus I dan siklus II dilaksanakan tanggal 19 Mei sampai 5 Juni 2010. Kriteria keberhasilan penelitian ditandai dengan nilai ketuntasan belajar individu minimal 60% dan ketuntasan belajar klasikal minimal 75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan CTL yang dalam pelaksanaanya dibantu dengan alat peraga jika diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar yang sesuai dengan kesiapan intelektual anak dalam belajar dapat membawa hasil yang diharapkan (dalam hal ini berhasil mencapai persentase ketuntasan 79,17%). Selain itu diperoleh data hasil kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran menunjukkan bahwa semua rata-rata aspek memiliki kategori sangat baik (dengan persentase 3,65%), hasil aktivitas aktif (dengan persentase 66,99%) siswa lebih besar daripada aktivitas pasif (dengan persentase 33,01%), hasil keterampilan kooperatif yang paling sering dilakukan siswa adalah pada saat mengambil giliran dan berbagi tugas dengan persentase sebesar 29,37%. Adapun respon siswa terhadap penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan kontekstual (CTL) mendapat respon positif untuk tiap aspek yang menjawab senang dan ya lebih dari 65%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Shobahah, NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan > Prestasi Belajar
Uncontrolled Keywords: Student Teams Achievement Division; STAD; Contextual Teaching and Learning; CTL; Jajargenjang; Belah ketupat
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr. Supriyatno Hary
Date Deposited: 17 May 2019 06:05
Last Modified: 17 May 2019 06:05
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31999

Actions (login required)

View Item View Item