Hukum penggunaan Jasa Waria bagi muslimah di Salon Kecantikan: analisis Maslah Mursalah atas Putusan Bahsul Masail PP Abu Dzarrin di Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Indrawati, Endang (2011) Hukum penggunaan Jasa Waria bagi muslimah di Salon Kecantikan: analisis Maslah Mursalah atas Putusan Bahsul Masail PP Abu Dzarrin di Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Endang Indrawati_C02206026.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian kepustakaan untuk menjawab rumusan masalah: bagaimana analisis hukum penggunaan jasa waria pada putusan Bahsul Masail dan bagaimana analisis maslahah terhadap waria yang bekerja di salon kecantikan. Data penelitian ini dihimpun melalui metode kajian teks (teks reading) dan selanjutnya dianalisis dengan deskriptif analitis, kemudian disimpulkan dengan menggunakan metode deduktif. Berdasarkan putusan Bahsul Masail tidak diperbolehkan waria melayani wanita muslimah karena disengaja menyentuh pelanggannya, yang mana waria adalah laki-laki yang menyerupai wanita. ltu didasarkan pada kitab-kitab salaf dan jumhur ulama yang menghawatirkan akan terjadi halwat dan terjadi syahwat antara keduanya. Seorang waria yang bekerja di salon kecantikan adalah boleh, berdasarkan kemaslahatan bersama antara pelanggan wanita muslimah dan pelayan waria. Maslahah dalam penetapan hukum dan bersikap dhoruriyah, terdapat sebagian ulama yang memperbolehkan, dalam kebolehan tersebut terdapat pengecualian bagi waria yang bekerja di salon kecantikan, apabila waria tidak mempunyai pekerjaan lain yang diperbolehkan oleh agama, juga berdasarkan dari pendapat ulama yang menyatakan bahwa itu boleh dilakukan jika ada hajat yang tidak menimbulkan syahwat seperti dalam hal bermuamalah (bisnis), menjadi saksi dan mengajar ilmu pengetahuan yang fardhu 'ain. Sejalan dengan kesimpulan di atas, maka kepada para ulama yang akan memecahkan problematika yang baru muncul diharapkan lebih bijak dan lebih obyek:tif dalam mengambil keputusan. Begitu pula waria agar dapat menerima kodrat yang telah diberikan oleh Allah SWT. dan mencari pekerjaan yang sesuai dengan ketentuan syar'i.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Indrawati, Endang--UNSPECIFIED
Subjects: Wirausaha
Waria
Uncontrolled Keywords: Jasa Waria; muslimah; Salon Kecantikan; Maslah Mursalah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 16 May 2019 07:57
Last Modified: 16 May 2019 07:57
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31996

Actions (login required)

View Item View Item