Penerapan Manajemen Qalbu dalam meningkatkan leadership Guru di MTS. Nahdlatul Ulama Durungbedug Candi Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wardah, Zainia (2011) Penerapan Manajemen Qalbu dalam meningkatkan leadership Guru di MTS. Nahdlatul Ulama Durungbedug Candi Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel.

[img] Text
Zainia Wardah_D01207216.pdf

Download (10MB)

Abstract

Saat ini ungkapan guru digugu dan ditiru sudah tidak relevan, karena beberapa perilaku negatif yang dilakukan guru diluar batas pendidikan sehingga citra guru kian jatuh dimata masyarakat. Berpijak dari masalah di atas, maka penulis perlu untuk membahas tentang konsep manajemen qalbu dalam meningkatkan leadership guru. Karena melalui manajemen qalbu, seseorang dapat diarahkan agar menjadi sangat peka dalam mengelola sekecil apapun potensi yang ada dalam dirinya menjadi sesuatu yang bemilai kemuliaan serta memberi manfaat besar, baik bagi dirinya sendiri maupun makhluk Allah lainnya. Begitu juga dengan pendidik (guru), dengan manajemen qalbu seorang guru dapat mengelola sekecil apapun potensi yang ada dalam dirinya sehingga jiwa leadershipnya sebagai guru terealisasi dengan baik dan relevan dengan ucapan guru digugu dan ditiru. Adapun penelitian ini dilakukan di MTs. Nahdlatul Ulama Durungbedug Candi Sidoarjo. Penelitian ini bertujuan untuk. (1) mengetahui penerapan manajemen qalbu di MTs. Nahdlatul Ulama Durungbedug Candi Sidoarjo. (2) mengetahui leadership guru di MTs. Nahdlatul Ulama Durungbedug Candi Sidoarjo. (3) mengetahui penerapan manajemen qalbu dalam meningkatkan ledareship guru di MTs. Nahdlatul Ulama Durungbedug Candi Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode observasi, wawancara dan library reseach dengan teknik analisa deskriptif. Data penelitian yang terkumpul dideslcriptifican secara mendetail kemudian dikorelasikan dengan teoriteori kepemimpinan pendidikan, selanjutnya diinterpretasikan dalam kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Manajemen qalbu di MTs Nahdlatul Ulama Durungbedug Candi Sidoarjo telah berjalan dengan baik. Meskipun poin-poin manajemen qalbu yang ada di teori tidak berjalan secara keseluruhan, tapi usaha para guru di MTs Nahdlatul Ulama durungbedug Candi Sidoarjo ini untuk membersihkan dan mengelola hati cukup optimal. (2) Leadership guru di MTs Nahdlatul Ulama Durungbedug Candi Sidoarjo juga baik. Artinya kepemimpinan yang dijalankan didominasi dengan gaya demokratis, kooperatif, partisipasi dan delegatif. Sedangkan kepemimpinan dilihat dari perannya seorang guru juga sudah tergolong baik. Karena guru di MTs Nahdlatul Ulama Durungbedug Candi Sidoarjo selalu berusaha menjadi pembimbing dan pendidik yang akan di aplikasikan oleh leadershipnya di dalam maupun di luar kelas. (3) Manajemen qalbu dalam meningkatkan leadsership guru di MTs Nahdlatul Ulama Durungbedug Candi Sidoarjo juga berperan menunjukkan hasil yang efektif. Hal ini terbukti para guru di MTs. Nahdlatul Ulama ini telah tergali dari sisi spiritualnya, lebih ikhtiar dan bertawakkal dan berusaha untuk memperbaiki diri dari sifat-sifat tercela.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wardah, ZainiaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Guru
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Kurikulum
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Pendidikan > Profesionalisme Guru
Uncontrolled Keywords: Manajemen Qolbu; Leadership Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Supriyatno Hary
Date Deposited: 16 May 2019 07:22
Last Modified: 16 May 2019 07:22
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31994

Actions (login required)

View Item View Item