Pengaruh kurikulum berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran PAI semester genap tahun pembelajaran 2010/2011 di SMPN 1 Magetan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hutfiyah, Uul (2011) Pengaruh kurikulum berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran PAI semester genap tahun pembelajaran 2010/2011 di SMPN 1 Magetan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel.

[img] Text
Uul Hutfiyati_D01207229.pdf

Download (14MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah perlunya pengadaan inovasi kurikulum lembaga pendidikan dengan cara mengintegrasikan dengan konteks kekinian, salah satunya dengan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) agar kegiatan pembelajaran menjadi mutakhir sekaligus menyenangkan sehingga hasil belajar siswa menjadi memuaskan dan bermakna. Ada tiga masalah yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu (1) bagaimana pelaksanaan kurikulum berbasis TIK di SMPN 1 Magetan? (2) bagaimana basil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran PAI semester genap tahun pembelajaran 2010/2011? (3) bagaimana pengaruh kurikulum berbasis TIK terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran PAI semester genap tahun pembelajaran 2010/2011 di SMPN 1 Magetan? Dalam penelitian ini digunakan rancangan penelitian korelasi dengan jenis expose facto, karena perlakuan variable bebas (variabel X) telah terjadi sebelumnya, selanjutnya peneliti tinggal melihat efek pada variable terikat (variabel Y). Populasi diambil dari keseluruhan siswa kelas VII yang beragama Islam yakni 257 siswa, sedangkan teknik samplingnya adalah random. Jumlah responden ditentukan sebanyak 15% dari jumlah populasi dan dibulatkan menjadi 39 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Untuk mengetahui pengaruh variabel X terhadap variable Y peneliti menggunakan rumus regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan kurikulum berbasis TIK di SMPN 1 Magetan dapat dikategorikan baik, terbukti dengan perolehan rata-rata prosentase sebesar 95,4% (2) hasil belajar siswa dengan menggunakan kurikulum berbasis TIK dinilai baik, hal ini terbukti dengan rata-rata nilai akhir siswa adalah 74,2 hal ini bisa dikategorikan baik dan telah melampaui KKM yang telah ditentukan, yakni 70. (3) dari persamaan regresi Y = 24,6 + 1,30X diketahui ada hubungan yang linear antara pelaksanaan kurikulum berbasis TIK terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran PAI semester genap tahun pembelajaran 2010/2011 di SMPN 1 Magetan karena F hitung lebih kecil dari F tabel baik untuk taraf kesalahan 5% maupun 1% (2 < 2,51 < 3,66). Perhitungan product moment menghasilkan r hitung sebesar 0,504 kemudian dari perhitungan koefisien determinasi ditemukan pengaruh sebesar 25,4% antara variabel X terhadap variabel Y, sedangkan 74,6% dipengaruhi oleh factor lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hutfiyah, UulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Kurikulum
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Kurikulum
Teknologi > Teknologi Informasi
Uncontrolled Keywords: Teknologi informasi dan komunikasi; Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Supriyatno Hary
Date Deposited: 16 May 2019 06:47
Last Modified: 16 May 2019 06:47
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31993

Actions (login required)

View Item View Item