Pengaruh latar belakang Pendidikan Agama Islam dalam membentuk akhlak para Pedagang Asongan di Terminal Purabaya: studi kasus para Pedagang Asongan di Terminal Purabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholichin, Nur (2011) Pengaruh latar belakang Pendidikan Agama Islam dalam membentuk akhlak para Pedagang Asongan di Terminal Purabaya: studi kasus para Pedagang Asongan di Terminal Purabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel.

[img] Text
Nur Sholichin_D01207064.pdf

Download (6MB)

Abstract

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dan tidak bisa terlepas dari kehidupan. Pendidikan sangat berpengaruh pada seluruh aspek kehidupan suatu Bangsa. Sehinga untuk mengetahui maju mundurnya suatu Bansa bisa di ukur dengan pendidikan. Seperti yang kita ketahui bahwa pendidikan mencetak sumber daya manusia yang berkualitas dari segi intelegensi dan skill yang mampu bersaing di buat dalam maupun Juan Negeri. Apabila output pendidikan suatu Bangsa gagal, maka bisa di pastikan Bangsa tersebut tidal akan bisa mencapai kemajuan di bidang apapun. Untuk mencapai keseimbangan pendidikan dalam mencetak output yang memiliki intelegensi dan skill berkualitas yang berakhlak baik. Selain pendidikan umum perlu adanya pendidikan agama islam. Kedua pendidikan tersebut tidak dapat di pisahkan. Pendidikan umum saja itu sperti orang bisa berjalan tetapi tidak bisa melihat. Dan pendidikan Agama Islam saja seperti orang bisa melihat teatapi tidak bisa berjalan. Maka idelnya kedua pendidikan tersebut harus bisa bejalan harmonis. Agar output pendidikan menjadi sumberdaya manusia berkualitas baik dari intelegensi, skill dan alklaknya. Allah berfirman dalam surat Al-Mujadilah yang artinya:" Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat" Dengan demikian penulis membuat judul dalam sekrisi tentang pengaruh latar belakang tingkat pendidikan agama islam dalm membentuk Akhlak para pedagang asongan(studi kasus para pedagang asongan di terminal purabaya). Dalam penelitian penulis mendapatkan hasil tentang pemahaman pendidikan agama islam yang di miliki para pedagang asongan ketika masih bersekolah sangatlah sedikit. Selain itu kebayakan mereka memilih menjadi pedagang asongan dikarenakan sulitnya mencari keda di tempat lain. Pekerjaan sebagai pedagang asongan bisa di lakukan oleh siapun tanpa harus bersekolah. Dengan demikian pendidikan di Indonesia belum berhasil mencetak output yang berkualitas dari segi intelegensi dan skill yang bisa bersaing di dalam maupun di luar negri. Akan tetapi dalam penelitian ini penulis hanya meneliti pengaruh latar belakan tingkat pendidikan agama islam dalam membentuk akhlak para pedagang asongan di terminal purabaya. Dalam penelitian ini, penulis mendapatkan hasil yang cukup baik mengenai akhlak para pedagang asongan di terminal purabaya. meskipun pemahaman pendidikan agama islam mereka sedikit tetapi mereka mampu memgamalkannya dengan baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholichin, NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Akhlak
Dagang
Pendidikan Islam
Uncontrolled Keywords: Pedagang Asongan; Akhlak; Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Supriyatno Hary
Date Deposited: 15 May 2019 06:07
Last Modified: 15 May 2019 06:07
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31987

Actions (login required)

View Item View Item