Pendidikan Agama Islam dalam persepsi Masyarakat Nelayan di Kelurahan Sidomulyo Kabupaten Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fahima, Diniyatul (2011) Pendidikan Agama Islam dalam persepsi Masyarakat Nelayan di Kelurahan Sidomulyo Kabupaten Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel.

[img] Text
Diniyatul Fahima_D01207177.pdf

Download (13MB)

Abstract

Judul penelitian ini adalah Pendidikan Agama Islam dalam Persepsi Masyarakat Nelayan di Kelurahan Sidomulyo Kabupaten Tuban. Karena realita yang ada kegiatan melaut para nelayan sangatlah padat dan tidak terjadwal, ini mengakibatkan kurang intensifnya kegiatan keagamaan yang mereka ikuti. Maka di ambil dari permasalahan itu peneliti ingin mengetahui bagaimana pendidikan agama islam dalam persepsi masyrakat nelayan. Apakah rendahnya pendidikan mereka mempengaruhi pemahaman mereka tentang agama, atau bahkan tidak sama sekali. Skripsi ini untuk menjawab permasalahan bagaimana latar belakang sosial ekonomi masyarakat nelayan, bagaiman tingkat pemahaman masyarakat nelayan tentang agama islam, dan bagaimana pendidikan agama islam dalam persepsi masyarakat nelayan. Untuk menghadapi hal tersebut di atas penulis mengpmakan dua pendekatan yaitu pendekatan teoritis dan pendekatan empiris. Pada pendekatan teoritis ini penulis sajikan pada bab 1 tentang pendahuluan, bab II kajian teori. Sedangkan pendekatan empiris penulis sajikan pada bab III yaitu laporan hasil penelitian, bab IV penyajian dan analisis data. kemudian dilanjutkan dengan kesimpulan dan saran pada bab V sebagai penutup. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yakni prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Dan untuk mengumpulkan data penulis gunakan beberapa metode diantaranya metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian di atas dapat penulis simpulkan bahwa: latar belakang sosial ekonomi masyarakat nelayan di Kelurahan Sidomulyo bisa cukup stabil karena keikutsertaan para istri nelayan dalam mancari naafkah. Dalam kehidupan sosialnya pun cukup rukun, itu terbukti dengan tidak ditemukannya kesenjangan sosial. Tingkat pemahaman Masyarakat Nelayan di Kelurahan Sidomulyo terhadap Agama Islam cukup baik. bahwasannya Agama Islam tidak hanya berkaitan dengan ritual peribadatan saja, tapi juga agama diterapkan dalam kehidupan sosial. Misalnya sholat berjama'ah yang memiliki makna kebersamaan sehingga, Pendidikan Agama Islam dalam persepsi Masyarakat Nelayan di Kelurahan Sidomulyo adalah pendidikan yang dapat membentuk moral manusia, sehingga manusia dalam kehidupan di dunia dapat berbuat baik, hidup tenang, yang akhirnya bisa selamat di dunia dan akhirat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fahima, DiniyatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Masyarakat Islam
Masyarakat
Pendidikan Islam
Keywords: Masyarakat Nelayan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Supriyatno Hary
Date Deposited: 14 May 2019 07:39
Last Modified: 14 May 2019 07:39
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31981

Actions (login required)

View Item View Item