Pengaruh orang tua berpendidikan rendah terhadap prestasi belajar anak (study kasus) di SDN Banyuajuh 09 Kecamatan Kamal Madura

Anisya, Nurul (2011) Pengaruh orang tua berpendidikan rendah terhadap prestasi belajar anak (study kasus) di SDN Banyuajuh 09 Kecamatan Kamal Madura. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel.

[img] Text
Nurul Anisya_D31206018.pdf

Download (3MB)

Abstract

Inti dari judul ini adalah orang tua yang berpendidikan rendah belum tentu tidak memperhatikan belajar anaknya, melainkan sama halnya dengan orang tua yang menempuh pendidikan menengah, orang tua adalah merupakan pendidik utama dalam membantu mengembangkan potensi anak-anaknya, orang tua di katakan sebagai pendidik utama karena orang tualah yang pertama mendidik anak-anaknya sejak dilahirkan, dan dikatakan sebagai pendidik utama karena pendidikan yang diberikan orang tua merupakan dasar dan sangat menentukan perkembangan anak selanjutnya. Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah (1). Bagaimana Pendidikan Orang Tua Berpendidikan Rendah di SDN Banyuajuh 09 Kecamatan Kamal Madura?. (2). Bagaimana Prestasi Belajar Anak di SDN Banyuajuh 09 Kecamatan Kamal Madura?. (3). Adakah Pengaruh Orang Tua Berpendidikan Rendah Terhadap Prestasi Belajar Anak di SDN Banyuajuh 09 Kecamatan Kamal Madura?. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif korelasional dan menggunakan metode pengumpulan data berupa metode observasi, metode interview, metode dokumentasi, dan metode angket. Berdasarkan masalah tersebut diatas dan setelah dianalisa dapat disimpulkan bahwa: (1) Pendidikan Orang Tua Berpendidikan Rendah di SDN Banyuajuh 09 Kecamatan Kamal Madura adalah baik, (2) Prestasi belajar anak di SDN Banyuajuh 09 Kecamatan Kamal Madura adalah tergolong baik, (3) Pengaruh Orang Tua Berpendidikan Rendah Terhadap Prestasi Belajar Anak di SDN Banyuajuh 09 Kecamatan Kamal Madura berada pada pada taraf signifikansi 5 % adalah 0,532 sedangkan pada taraf 1% adalah 0,661 jadi r hitung lebih besar dari r tabel. Berarti hipotesis altematif (Ha) yang berbunyi pengaruh orang tua berpendidikan rendah di SDN Banyuajuh 09 Kecamatan Kamal Madura diterima. Sedangkan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Kemudian pengaruh orang tua berpendidikan rendah di SDN Banyuajuh 09 Kecamatan Kamal Madura memiliki signifikan yang tinggi, hal ini berdasarkan tabel interpretasi nilai r, dimana r hitung 0,817 berada diantara 0,70 sampai dengan 0,90 yang berarti memiliki hubungan signifikansi yang tinggi.

Email: digilib@uinsby.ac.id
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Syamsudin, Syamsudin
Uncontrolled Keywords: Orang tua berpendidikan rendah
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Prestasi Belajar
Orang tua dan Anak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Supriyatno Hary
Date Deposited: 14 May 2019 02:46
Last Modified: 14 May 2019 02:46
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31978

Actions (login required)

View Item View Item