Keberadaan Swalayan-Swalayan di Kel. Jemur Wonosari Kec. Wonocolo Surabaya: Analisis Maqasid al-syari'ah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syarifuddin, Machrizal (2011) Keberadaan Swalayan-Swalayan di Kel. Jemur Wonosari Kec. Wonocolo Surabaya: Analisis Maqasid al-syari'ah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel.

[img] Text
Machrizal Syarifuddin_C02205024.pdf

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dari penelitian ini adalah Bagaimana keberadaan swalayan-swalayan di Kel. Jemur Wonosari Kec. Wonocolo Surabaya? Serta Bagaimana analisis Maqisid al-Syari'ah terhadap keberadaan swalayan-swalayan di Kel. Jemur Wonosari Kec. Wonocolo Surabaya?. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi dan kepustakaan, sedangkan metode analisisnya menggunakan metode deskriptif analisis yaitu memberikan gambaran secara luas dan mendalam yang selanjutnya dilakukan analisis terhadap sumber-sumber atau literatur yang diperoleh sebelumnya kemudian disimpulkan dengan menggunakan pola pikir deduktif. Berdasarkan penelitian bahwa perbedaan pendapat muncul terkait keberadaan Swalayan-swalayan di Kel. Jemur Wonosari Ke. Wonocolo Surabaya, terdapat penolakan dari beberapa pedagang yang tinggal disekitar Kel. Jemur Wonosari Ke. Wonocolo Surabaya dengan alasan mengalami penurunan dalam pendapat, berkurangnnya minat pembeli pada toko/warung. Namun berbeda dengan masyarakat pada umumnya yang lebih memilih dan menyambut baik dengan adanya swalayan di daerah mereka, diantara faktor-faktor yang membuat mereka memilih swalayan untuk membeli kebutuhan hidup adalah; lokasi, pelayanan, harga, barang dan fasilitas. Sedangkan analisis hukumnya menggunalcan Magisid al-Syad'ah bahwa kaidah kemaslahatan masyarakat umum yang harus didahulukan daripada kemaslahatan individual, dan individu harus merelakan kemaslahatan dirinya untuk kemaslahatan umum, maka menerima adanya swalayan di tengah-tengah masyarakat Kel. Jemur Sari Kec. Wonocolo karena proporsi kemaslahatannya lebih umum dari pada menolak adanya swalayan-swalayan tersebut. Sebagai masyarakat harus lebih bijak dalam menyingkapi adanya swalayan di tengah-tengah masyarakat, dan menerima hal positif dengan adanya swalayan dan sebagai pelaku ekonomi hendaknya kita berpegang pada ekonomi yang mengarah kepada kemaslahatan dan keadilan umat manusia. Dan bagi peneliti selanjutnya agar dapat menambahkan analisis yang lebih mendalam dan menambah sumber-sumber yang terkait sebagai pembanding agar didapat hasil yang lebih sempurna.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syarifuddin, MachrizalUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Hukum > Hukum Perdata Islam
Hukum Islam > Jual Beli
Dagang > Hukum, Dagang
Uncontrolled Keywords: Swalayan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr. Supriyatno Hary
Date Deposited: 13 May 2019 02:56
Last Modified: 13 May 2019 02:56
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31976

Actions (login required)

View Item View Item