Kesiapan guru (teacher readiness) dalam menangani Siswa Berkebutuhan Khusus di Kelas Reguler pada Sekolah Berbasis Inklusif

Puspitasari, Reni (2019) Kesiapan guru (teacher readiness) dalam menangani Siswa Berkebutuhan Khusus di Kelas Reguler pada Sekolah Berbasis Inklusif. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Reni Puspitasari_J71214071.pdf

Download (620kB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kesiapan guru (teacher readiness) serta bentuk-bentuk kesiapan guru kelas dalam menangani siswa berkebutuhan khusus di kelas reguler pada sekolah berbasis inklusif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, subjek penelitian adalah tiga orang yang merupakan guru kelas pada sekolah inklusi, masing-masing subjek memiliki satu orang significant other. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa faktor kesiapan guru dalam hal memberikan penanganan pada anak berkebutuhan khusus terdiri atas tiga aspek yaitu (a) Pengalaman kerja guru, (b) Latar belakang pendidikan guru, (c) Penataran dan pelatihan guru. Yang mana secara keseluruhan saling berkaitan untuk membentuk kesiapan mengajar seorang guru, dan pada ketiga subjek telah memenuhi faktor kesiapan. Bentuk kesiapan dalam hal (a) Memberikan penghargaan atau pujian untuk anak dan (b) Membantu anak untuk mencapai disiplin diri masih perlu ditingkatkan.

Email: puspitasarireni11@gmail.com
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Purwati, Eni
Uncontrolled Keywords: Kesiapan Guru; Guru Kelas; Anak Berkebutuhan Khusus; Pendidikan Inklusif
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Kualitas Guru
Anak > Anak Penyandang Cacat
Pendidikan > Pendidikan Lanjutan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi
Depositing User: Puspitasari Reni
Date Deposited: 07 May 2019 04:51
Last Modified: 07 May 2019 04:51
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31953

Actions (login required)

View Item View Item