Penguatan Budaya Sekolah dalam Membentuk Karakter Siswa di MAN Kota Surabaya dan SMA Muhammadiyah 9 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zulmy, Achmad Nizar (2019) Penguatan Budaya Sekolah dalam Membentuk Karakter Siswa di MAN Kota Surabaya dan SMA Muhammadiyah 9 Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Achmad Nizar Zulmy_F12317282.pdf

Download (3MB)

Abstract

Budaya sekolah untuk memberi arah pada para warga sekolah dalam berfikir dan bertindak, budaya dalam konteks ini suatu rangkaian pengaruh pada bagaimana orang-orang berperilaku dalam organisasi ataupun komunitas, sehingga budaya mewarnai setiap segi kehidupan sosial di masyarakat ketika sekumpulan manusia hidup bersama, kemudian melakukan kegiatan bersama maka budaya sekolah ada didalamnya menjadi bagian dari kehidupan tersebut tak terkecuali dalam sebuah sekolah.Dalam tesis ini akan memusatkan perhatian pada aspek penguatan budaya sekolah dalam membentuk karakter siswa, apakah budaya sekolah ini dapat berperan penting dalam membentuk karakter siswa, sehingga terwujudlah sekolah yang efektif, unggul, dan kompetitif sehingga menjadi sekolah pilihan masyarakat. Jadi apakah budaya sekolah itu mampu memperkuat dalam membentuk karakter siswa. Obyek penelitian adalah sekolah-sekolah yang berazaskan religi, dan menerapkan dalam pembentukan karakter siswa dengan penguatan budaya sekolah yang ada di MAN Kota Surabaya dan SMA Muhammadiyah 9 Surabaya.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan kualitatif, yaitu suatu jenis penelitian yang menghasilkan temuan-temuan yang tidak diperoleh oleh alat-alat prosedur statistic atau alat-alat kuantifikasi lainnya, penelitian kualitatif ini ditandai dengan penekanan pada penggunaan non-statistik, khususnya dalam proses Analisa data hingga dihasilkan temuan-temuan secara alamiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya sekolah sangat efektif dan berfungsi dalam membentuk karakter siswa, yang endingnya sekolah akan menjadi unggul dan kompetitif secara teoritis, praktis, dan analisis faktual. Dimensi-dimensi budaya sekolah meliputi dimensi aturan-aturan, perilaku dan norma-norma, dimensi filosofi berupa visi-misi & tujuan, serta dimensi-dimensi nilai-nilai. Dimensi-dimensi budaya tersebut setelah dianalisis menunjukkan bahwa budaya sekolah sangat berperan dan berfungsi menguatkan dalam pembentukan karakter siswa. Karakter yang berkualitas dapat membangun budaya prestasi, sehingga semua hal tersebut dapat membawa Lembaga Pendidikan menjadi berkualitas sebagaimana yang diterapkan di MAN Kota Surabaya dan SMA Muhammadiyah 9 Surabaya

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zulmy, Achmad Nizarnizar.rutins@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Akhlak
Budaya Organisasi
Budaya - Agama
Islam
Budaya
Uncontrolled Keywords: Budaya, Budaya Sekolah, Karakter
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zulmy Achmad Nizar
Date Deposited: 07 May 2019 02:36
Last Modified: 07 May 2019 02:36
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31947

Actions (login required)

View Item View Item