Perbedaan kesabaran ditinjau dari kepribadian Big-Five

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Affandi, Achmad Agus (2019) Perbedaan kesabaran ditinjau dari kepribadian Big-Five. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Achmad Agus Affandi_J71215041.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan tingkat kesabaran ditinjau dari kepribadian big-five pada Siswa kelas X dan XI dan SMAN 10 Surabaya. Rancangan dalam penelitian ini menggunakan strategi penelitian komparatif dengan menggunakan skala likert sebagai alat pengumpulan datanya. Skala untuk mengukur kesabaran memiliki nilai realibilitas 0,817 sedangkan skala Big Five Inventory memiliki nilai realibilitas 0,650. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI SMAN 10 Surabaya baik dari jurusan MIIA maupun IIS dengan jumlah subjek sebanyak 200 siswa. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Big-five secara bersama-sama mempengaruhi kesabaran sebesar 56,2% dan dimensi big-five yang paling memiliki pengaruh adalah dimensi conscientiousness dengan koefisien regresi sebesar 7,327.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Affandi, Achmad Agusachmadagusaffandi@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kepribadian
Psikologi > Psikologi Islam
Uncontrolled Keywords: Kesabaran; Kepribadian Big-Five
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Affandi Achmad Agus
Date Deposited: 03 May 2019 08:13
Last Modified: 03 May 2019 08:13
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31945

Actions (login required)

View Item View Item