Komunikasi Masyarakat Tuban dalam tradisi Minum Tuak: study kasus di Desa Jatimulyo Kecamatan Plumpang Kabupaten Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Saputro, Moh. Adi (2019) Komunikasi Masyarakat Tuban dalam tradisi Minum Tuak: study kasus di Desa Jatimulyo Kecamatan Plumpang Kabupaten Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moh. Adi Saputro_B06212063.pdf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh keberadaan minuman tuak dan banyaknya warung tuak di setiap sudut wilayah Tuban khususnya di Desa Jatimulyo Kecamatan Plumpang, oleh sebab itu penulis ingin mengetahui bagaimana komunikasi dan motif para peminum tuak di Tuban. Dalam penelitian ini digunakan metode deskriptif kualitatif dan metode fenomologi yang berguna untuk memberikan data secara fakta dan jelas mengenai komunikasi masyarakat tunan dalam tradisi minum tuak. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teori interaksi simbolik sehingga menghasilkan beberapa temuan. Dari hasil temuan, penelitian ini ditemukan bahwa: 1) Masyarakat Tuban menjadikan minuman tuak sebagai alat untuk komunikasi. 2) Sebagian masyarakat menganggap dengan minum tuak bisa menyembuhkan penyakit seperti batu ginjal dan diabetes. 3) Dengan adanya minuman tuak masyarakat Tuban bisa mendapatkan penghasilan dari penjualan tuak, bisa mendapatkan teman dari dalam dan luar daerah, dan juga sebagian orang meminum tuak bisa mendapatkan informasi lowongan pekerjaan. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tradisi minum tuak di Desa Jatimulyo Kecamatan Plumpang Kabupaten Tuban disebabkan keinginan masyarakat untuk melestarikan warisan dari nenek moyang dimana terdapat nilai yang menguntungkan bagi para pelaku hingga saat ini seperti presepsi mereka dapat menambah stamina serta sebagai obat beberapa penyakit. Banyak pelaku minum tuak yang mengaku mendapatkan keuntungan lebih dengan meminum tuak dan tidak dirugikan. Tuak bukan sekedar minuman biasa namun bagi masyarakat Desa Jatimulyo tuak merupakan minuman yang dapat mewujudkan tradisi dan penyambung persaudaraan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Saputro, Moh. Adimohadisaputra16@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Komunikasi
Masyarakat
Budaya
Keywords: Komunikasi; Masyarakat Tuban; Tuak
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Saputro Moh. Adi
Date Deposited: 03 May 2019 07:30
Last Modified: 03 May 2019 07:30
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31944

Actions (login required)

View Item View Item