Kontroversi Tasawuf Nusantara: Kadirun Yahya dan perdebatan tentang otentisitas ajaran tarekat Naqsabandiyah Kholidiyah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Izzati, Nurul (2019) Kontroversi Tasawuf Nusantara: Kadirun Yahya dan perdebatan tentang otentisitas ajaran tarekat Naqsabandiyah Kholidiyah. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Izzati_F11213112.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya spekulasi sesat yang ditudingkan terhadap ajaran Tarekat Naqsabandiyah Kholidiyah yang dipimpin oleh Syekh Kadirun Yahya. Salah satu Tarekat yang berkembang di Indonesia dan banyak menuai pro dan kontra ini merupakan suatu kewajaran, sebab Syekh Kadirun Yahya, yang seorang Mursyid Tarekat dan sekaligus seorang sufi serta ilmuwan dalam fisika - kimia ini menggunakan pendekatan yang tidak lazim yang sama sekali baru dan berbeda dari pemahaman dogmatis yang selama ini berlaku untuk memahami doktrin - doktrin Islam. Jenis penelitian ini adalah library research dan menggunakan pendekatan sosial dengana objek kajian studi tokoh atas pemikiran Syekh Kadirun Yahya. Metode pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan dokumentasi melalui karya - karya Syekh Kadirun Yahya dan menganalisisnya dengan menggunakan interpretasi, deskripsi dan refleksi. Penelitian ini mengacu pada Syekh Kadirun Yahya dan otentisitas ajaran Tarekat Naqsabandiyah Kholidiyah Syekh Kadirun Yahya. Dalam penelitian ini ditemukan adanya khazanah keilmuan tasawuf yang turun temurun dari generasi ke generasi, yang tetap berpegang teguh pada al Qur’an dan al Hadits, yang sanad keilmuannya muttashil dari guru - guru mursyid Tarekat Naqsabandiyah. Namun yang menarik adalah pemahaman tasawuf yang terkandung dalam al Qur’an dan al Hadits tersebut melalui pendekatan teknologi modern dan ilmu eksakta. Selain itu diperoleh pemahaman konsep - konsep tasawuf yang inovatif, sebab selama ini tasawuf hanya dipahami secara dogmatif, sehingga terkesan tasawuf menghambat kemajuan dan anti modernitas. Namun, konsep pemahaman tasawuf yang demikian tidak mempengaruhi otentisitas ajaran Tarekat Naqsabandiyah Kholidiyah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Izzati, Nurulizzati.rolisi@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Tasawuf
Uncontrolled Keywords: Tasawuf; Tarekat; Kadirun Yahya; Otentisitas Ajaran
Divisions: Program Magister > Filsafat Agama
Depositing User: Izzati Nurul
Date Deposited: 02 May 2019 07:39
Last Modified: 02 May 2019 07:39
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31913

Actions (login required)

View Item View Item