Tinjauan Hukum Islam Terhadap Implementasi Sewa Referal Dalam Advertising Paid To Click (PTC) Di Vistaclix Via Online

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sahlan, Ahmad (2011) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Implementasi Sewa Referal Dalam Advertising Paid To Click (PTC) Di Vistaclix Via Online. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel.

[img] Text
Ahmad Sahlan_C02207142.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kemajuan dalam internet ini juga memudahkan segala bentuk usaha bisnis, mulai dari pengenalan produk, promosi atau periklanan, transaksi, dll. Banyak dijumpai dalam internet program-program afiliasi (gabungan) yang menawarkan penghasilan tambahan yang sangat menggiurkan. Salah satunya yaitu hanya dengan mengklik iklan PTC (paid to click) maka seseorang akan memperoleh bayaran yang masuk kedalam rekening mereka. Penelitian skripsi ini akan membahas tentang "tinjauan hukum islam terhadap implementasi sewa referal dalam advertising Paid To Click (PTC) di Vistaclix via Online". Yaitu status sewa dalam program affiliasi ini, sesuai atau tidak dengan konsep muamalat dalam hukum Islam. Tujuan dari skripsi ini adalah untuk menilai apakah sewa pada sistem PTC sesuai atau tidak dengan hukum Islam, kemudian menentukan status program PTC ditinjau dari segi maslahatnya. Sistem pengumpulan data dalam penulisan skripsi ini didapat dengan studi lapangan dari admin, member, buku dan e-book tentang PTC, serta artikel yang ada pada web atau blog yang membahas tentang PTC. Hasil dari penelitian skripsi ini menunjukkan bahwa sewa yang terjadi dalam program PTC antara pihak pengelola web PTC atau admin PTC dengan calon member yang mendaftar pada program tersebut tidak memenuhi syarat dan rukun sewa yang terdapat pada fikih muamalat, maka transaksi dikatakan tidak sah karena sewa yang terjadi tidak dapat melindungi pihak-pihak yang berkaitan sehingga sewa menjadi batal. Kemudian tinjauan hukum Islam pada program PTC berdasarkan prinsip kemaslahatan, menyatakan bahwa pada program PTC tidak sesuai dengan prinsip hukum Islam, karena terdapat banyak kecurangan-kecurangan yang dapat merugikan salah satu pihak

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sahlan, AhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Hukum > Hukum Perdata Islam
Hukum Islam > Jual Beli
Dagang > Hukum, Dagang
Sewa
Uncontrolled Keywords: Sewa Referal; Advertising Paid To Click; PTC; Vistaclix Via Online
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr. Supriyatno Hary
Date Deposited: 02 May 2019 04:24
Last Modified: 02 May 2019 04:24
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31911

Actions (login required)

View Item View Item