Tinjauan hukum Islam terhadap praktik pemesanan produk paket aqiqah di Istiqomah Aqiqah Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yasmine, Heydi Tiara (2019) Tinjauan hukum Islam terhadap praktik pemesanan produk paket aqiqah di Istiqomah Aqiqah Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Heydi Tiara Yasmine_C02215025.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini dengan judul “Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Pemesanan Produk Paket Aqiqah di Istiqomah Aqiqah Sidoarjo.” Skripsi ini ditulis untuk menjawab pertanyaan yang dituangkan dalam dua rumusan masalah yaitu: bagaimana praktik pemesanan produk paket aqiqah di Istiqomah Aqiqah Sidoarjo? dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap praktik pemesanan produk paket aqiqah di Istiqomah Aqiqah Sidoarjo?. Data yang diperlukan dalam penelitian ini dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dan studi pustaka yang kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif dalam menjabarkan pemesanan paket aqiqah dengan menggunakan akad salam di Istiqomah Aqiqah Sidoarjo. Selanjutnya data tersebut dianalisis dari perspektif hukum Islam dengan teknik kualitatif dalam pola pikir induktif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam praktik pemesanan produk paket aqiqah di Istiqomah Aqiqah dengan menggunakan akad salam antara pihak pemesan dengan pihak Istiqomah Aqiqah dimana pembayarannya dilakukan di awal kontrak secara tunai atau uang muka sebesar 30%, dan penyerahan paket aqiqah diserahkan di akhir kontrak di dalam majelis akad. Meskipun pihak Istiqomah Aqiqah sudah memberikan keringanan pembayaran dengan menggunakan uang muka sebesar 30% dalam pemesanan paket aqiqah tidak menutup kemungkinan terjadinya penundaan pembayaran paket aqiqah dan menyebabkan salah satu pihak merasa dirugikan yaitu pihak Istiqomah Aqiqah. Berbagai alasan penundaan pembayaran paket aqiqah saat jatuh tempo pembayarann yang disepakati antara kedua belah pihak yang berakad karena keadaan diluar dugaan dari pihak pemesan sehingga mengakibatkan penundaan pembayaran. Padahal pada dasarnya hukum pelaksanaan aqiqah adalah sunnah/bersifat tathawu (sukarela). Penundaan pembayaran paket aqiqah yang dilakukan oleh pihak pemesan kepada Istiqomah Aqiqah setelah jatuh tempo menurut hukum Islam adalah boleh atau mubah karena rukun dan syarat dalam pemesanan paket aqiqah menggunakan akad salam sudah terpenuhi. Dan karena adanya kerelaan antara pihak Istiqomah Aqiqah yang ditunda pembayaran paket aqiqah, hal ini tidak bisa dihindari karena hal yang tidak terduga. Pada akhir penulisan skripsi ini, penulis menyarankan dari pihak pemesan sudah menjadi kewajiban untuk segera melunasi pembayaran paket yang belum terlunasi agar tidak menimbulkan perselisihan di kemudian harinya. Atau lebih baiknya pembayaran paket aqiqah langsung dibayarkan secara tunai di awal akad supaya tidak terjadi penundaan pembayaran paket aqiqah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yasmine, Heydi Tiaraheydi.tiara@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Hukum Islam
Kurban
Keywords: Aqiqah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Yasmine Heydi Tiara
Date Deposited: 30 Apr 2019 03:47
Last Modified: 30 Apr 2019 03:47
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31889

Actions (login required)

View Item View Item