Analisis Teori Ijarah terhadap Sewa Menyewa Tanah Milik Pemkot Surabaya Oleh Rukun Tetangga (Rt) 01 Kepada Para Pedagang di Tandes Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khamsiyah, Siti (2019) Analisis Teori Ijarah terhadap Sewa Menyewa Tanah Milik Pemkot Surabaya Oleh Rukun Tetangga (Rt) 01 Kepada Para Pedagang di Tandes Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Khamsiyah_C92215187.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Teori Ija>rah terhadap Sewa Menyewa Tanah milik Pemkot Surabaya oleh Rukun Tetangga (RT) 01 kepada Para Pedagang di Tandes Surabaya” ini merupakan penelitian yang akan menjawab dua rumusan masalah; 1) Bagaimana praktik sewa menyewa tanah milik Pemkot Surabaya oleh RT 01 kepada para pedagang di Tandes Surabaya? dan 2) Bagaimana analisis teori ijarah terhadap sewa menyewa tanah milik Pemkot Surabaya oleh RT 01 kepada para pedagang di Tandes Surabaya?.Data penelitian ini dihimpun melalui wawancara dan observasi dan selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif `analitis dengan pola pikir deduktif yaitu teknik analisis dengan cara menggambarkan data apa adanya, dalam hal ini tentang sewa menyewa Tanah milik Pemkot Surabaya oleh RT 01 kepada para pedagang di Tandes Surabaya kemudian dianalisis dengan menggunakan teori ijarah, untuk kemudian ditarik suatu kesimpulan. Hasil penelitian menyatakan dua hal bahwa: pertama, praktik sewa menyewa di Gg. Sawah RT 01 RW 06 Kecamatan Tandes dilakukan oleh Ketua RT 01 dengan menyewakan tanah kosong milik Pemkot Surabaya kepada warganya tanpa adanya izin sebagai tempat perdagangan dan parkir. Hal ini dilakukan guna menambah kas warga karena warga yang menyewa harus membayar sebesar Rp. 150.000,00 perbulannya; kedua, jika dianalisis berdasarkan teori ija>rah, maka praktik tersebut tidak sah, karena syarat pada ija>rah bahwa obyek harus dimiliki oleh orang yang menyewakan atau diijinkan untuk disewakan tidak terpenuhi, dimana dalam hal ini ketua RT 01 menyewakan tanah tanpa ijin dari pemilik aslinya yakni Pemkot Surabaya.Dari kesimpulan diatas diharapkan bagi Ketua RT 01 hendaknya mengajukan izin terlebih dahulu kepada Pemkot Surabaya agar tidak menimbulkan perselisihan antara ketua RT dengan warga dan pihak lainnya yang bersangkutan dan bagi warga Tandes dan sekitarnya yang menyewa hendaknya mencari tahu terlebih dahulu objek yang disewakan supaya tidak ada penyesalan di kemudian hari.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khamsiyah, SitiChika_kaka@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Muamalat Muamalah
Sewa
Uncontrolled Keywords: Sewa Menyewa; Ijarah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Khamsiyah Siti
Date Deposited: 02 May 2019 03:16
Last Modified: 02 May 2019 03:16
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31886

Actions (login required)

View Item View Item