Pengaruh Pendidikan Agama Islam terhadap kecerdasan spiritual siswa SMA Negeri 1 Taman Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mustaidah, Amroh (2011) Pengaruh Pendidikan Agama Islam terhadap kecerdasan spiritual siswa SMA Negeri 1 Taman Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel.

[img] Text
Amroh Mustaidah_D31207057.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan Agam Islam adalah usaha yang sistematis dan pragmatis yang berupa bimbingan jasmani dan rohani demi terwujudnya pribadi yang utama yang mempunyai pandangan hidup demi keselamatan dunia dan kesejahteraan akhirat berdasarkan ajaran dan syari'at Islam. Kecerdasan Spiritual siswa adalah kemampuan siswa dalam memahami makna atau hakikat dari segala yang dilakukannya, yaitu kemampuan siswa dalam mendengar dan mengikuti hati nuraninya. Pendidikan agama Islam pada sekolah hakikatnya adalah untuk membangun kepribadian muslim yang terdapat pada din siswa agar mereka dalam tabiatnya mencerminkan insan muslim sejati yang melaksanakan kegiatan agama suatu apapun bukan sekedar rutinitas natnun untuk pembekalan makna dari apa yang dilakukannya untuk dirinya serta hubungannya kepada Sang Kholik. Maka dari itu, Pendidikan agama Islam mempunyai peranan penting dalam kecerdasan spiritual siswa. Dalam hal ini dapat diketahui bahwa pelaksanaan pendidikan agama Islam dapat mempengaruhi kecerdasan spiritual siswa. Masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan pendidikan agama Islam,2) Bagaimana kecerdasan spiritual siswa,3) Apalcah pendidikan agama Islam berpengaruh terhadap kecerdasan spiritual siswa di SMA Negeri 1 Taman Sidoarjo. Dan i uraian di atas, penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pelaksanaan pendidikan agama Islam terhadap kecerdasan spiritual siswa. Adapun variabel bebas dalam penelitian adalah pendidikan agama Islam, sedangkan variabel terikatnya adalah kecerdasan spiritual siswa. Data tentang pengaruh pendidikan agama Islam terhadap kecerdasan spiritual siswa diperoleh dari 60 responden. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, metode interview, metode angket dan metode dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan adalah "Teknik Prosentase" untuk menjawab rumusan masalah nomor satu dan dua. Sedangkan untuk menjawab rumusan masalah nomor riga menggunakan teknik statistik "Product Moment" dan konsultasikan dengan r tabel pada taraf kesalahan 5% dan I% untuk memberikan interpretasikan bahwa hipotesis alternatif diterima atau ditolak. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa "prosentase" pendidikan agama Islam tergolong cukup, hal ini dapat kita lihat dari hasil angket yang rata-rata mencapai 50%-80%. Begitu juga dengan kecerdasan spiritual siswa tergolong baik, ini terbukti rata-rata prosentasenya terletak pada 60%90%. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan rumus "Product Moment" diperoleh r hitung lebih besar dari r tabel (0,400> 0,501 > 0,600). Nilai tersebut dalam kategori cukup kerena berada diantara 0,400-0,600. Dad hasil uji hipotesis di atas dari penelitian ini, penulis berkesimpulan bahwa ada pengaruh pendidikan agama Islam terhadap kecerdasan spiritual siswa di SMA Negeri 1 Taman Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mustaidah, AmrohUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kecerdasan
Pendidikan Islam
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan spiritual
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Supriyatno Hary
Date Deposited: 29 Apr 2019 08:09
Last Modified: 30 Apr 2019 01:44
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31867

Actions (login required)

View Item View Item